Hubungan penerapan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV UPT SPF SDN 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumba. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Eka Fausiah Azsahrah (2023) Hubungan penerapan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV UPT SPF SDN 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumba. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH_Ainun Sari.pdf

Download (242kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian non-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan penerapan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV UPT SPF SDN 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumba. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan pola asuh orang tua, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SPF SDN 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumba sebanyak 3 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas IV UPT SPF SDN 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumba dengan jumlah siswa kelas IV A 19 siswa, IV B 25 siswa, dan IV C 21 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket kepada orang tua siswa dan mengambil nilai ulangan harian kepada guru kelas IV UPT SPF SDN 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik. Hasil statistik deskriptif diperoleh dari hasil pembagian angket ke orang tua siswa dan hasil belajar dengan data berupa tabel distribusi. Hasil analisis statistik dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji Product Moment menunjukkan Sig (2-tailed) < 0,05 (0,00 < 0,05). Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua yang terdiri dari indikator otoriter, permisif, dan demokrasi dengan tingkat hubungan yang rendah. Secara keseluruhan terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa dengan tingkat hubungan rendah.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:05
Last Modified: 14 Jul 2023 07:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32907

Actions (login required)

View Item View Item