Analisis Miskonsepsi Materi Teorema Pythagoras pada Siswa SMP Negeri 6 Parepare Ditinjau dari Gaya Kognitif Tempo Konseptual

Ahmad, Henra (2017) Analisis Miskonsepsi Materi Teorema Pythagoras pada Siswa SMP Negeri 6 Parepare Ditinjau dari Gaya Kognitif Tempo Konseptual. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (47kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengungkap miskonsepsi ditinjau dari gaya kognitif tempo konseptual siswa terhadap pemahaman materi teorema pythagoras yang dilaksanakan di SMPN 6 Parepare. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 6 Parepare yang telah memperolah materi teorema pythagoras. Seubjek penelitian terdiri dari dua siswa yang perinciannya satu siswa yang memiliki gaya kognitif tempo konseptual impulsif dan satu siswa yang meiliki gaya kognitif tempo konseptual reflektif yang masing-masing paling banyak mengalami miskonsepsi. Tes gaya kognitif tempo konseptual impulsif dan reflektif yang digunakan adalah tes MFFT yang diadapatasi dari Jerome Kagan sedangkan miskonsepsi diidentifikasi melalui tes diagnostik+CRI. Selanjutnya miskonsepsi ditelusuri lebih lanjut melalui wawancara dengan fokus penelitian pada pemahaman subjek terhadap materi terema pythagoras khususnya konsep segitiga siku-siku, sudut siku-siku, rumus pythagoras, dan tripel pythagoras. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa terjadi miskonsepsi materi teorema pythagoras pada siswa kelas IX SMP Negeri 6 Parepare, yakni: (i) subjek siswa impulsif mengalami miskonsepsi terhadap konsep segitiga siku-siku yang subjek kelompokkan berdasarkan gambar sisi miring, konsep sudut siku-siku berdasarkan gambar tanda sudut siku-siku, konsep rumus pythagoras berdasarkan kuadrat sisi miring sama dengan hasil kali kuadrat sisi-sisi lainnya, tripel pythgoras berdasarkan keteraturan selisih dari tiap bilangan; (ii) subjek siswa reflektif mengalami miskonsepsi terhadap konsep segitiga siku-siku yang subjek kelompokkan berdasarkan kesesuaian sisi yang satu dengan sisi yang lainnya terhadap segitiga, konsep sudut siku-siku berdasarkan besar sudutnya 80o, konsep rumus pythagoras berdasarkan kuadrat sisi miring sama dengan hasil kali kuadrat sisi-sisi lainnya, konsep tripel pythgoras berdasarkan bilangan yang memenuhi hasil kali dua bilangan yang lainnya; (iii) miskonsepsi yang terjadi disebabkan oleh subjek yang memiliki jalan pikiran yang berbeda-beda, pemikiran asosiatif yang dimiliki oleh siswa, prakonsepsi siswa, kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Oct 2017 05:47
Last Modified: 20 Oct 2017 05:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3290

Actions (login required)

View Item View Item