Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SD Negeri 11 Leang-Leang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros

Titin Nurjayanti (2023) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SD Negeri 11 Leang-Leang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros.

[img] Text
Jurnal Internasional Titin Nurjayanti.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran penggunaan media audio visual pada keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri 11 Leang-Leang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros, (2) Gambaran keterampilan berbicara siswa setelah menggunakan media audio visual di kelas III SD Negeri 11 Leang-Leang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros, (3) Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri 11 Leang-Leang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media audio visual, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 11 Leang-Leang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros tahun pelajaran 2020-2021 sebanyak 23 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling, Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes keterampilan berbicara kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji paired sample T-Test dengan bantuan perhitungan SPSS 22.0. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : (1) Gambaran penggunaan media audio visual pada keterampilan berbicara siswa terlihat brdasarkan lembar observasi, dari tahapan-tahapan pembelajaran yang diamati pada setiap pertemuan proses pembelajaran terlihat meningkat melalui kegiatan siswa maupun guru, (2) Gambaran hasil keterampilan berbicara siswa setelah menggunakan media audio visual lebih meningkat. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest siswa berada pada kategori sangat baik sedangkan nilai pretest berada pada kategori kurang baik, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan media audio visual terhadap keterampilan berbicara siswa. Hal ini dikarenakan nilai probabilitas dari thitung > ttabel (55,631 > 2,074), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:17
Last Modified: 14 Jul 2023 06:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32896

Actions (login required)

View Item View Item