PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MURID KELAS IV SD IPRES MANGASA I KECAMATAN RAPPOCINI MAKASSAR

Asriani Asis (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MURID KELAS IV SD IPRES MANGASA I KECAMATAN RAPPOCINI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL ASRIANI 1747442005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menelaah masalah berikut: 1) Bagaimana implementasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match murid kelas IV SD Inpres Mangasa Kecamatan Rappocini Makassar ? 2) Bagaimana hasil belajar IPS di SD? 3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap hasil belajar IPS di SD ?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Implementasi model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match murid Kelas IV SD Inpres Mangasa I Kecamatan Rappocini Makassar 2) hasil belajar IPS murid kelas IV SD 3) pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar IPS murid kelas IV SD. Pendekatan Penelitian menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar IPS pada tema Lingkungan Tempat Tinggal dan Jenis-jenis Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid kelas IV SD Inpres Mangasa I Kecamatan Rappocini Makassar, sedangkan sampelnya adalah kelas IV A dengan jumlah murid 24 orang sebagai kelas kontrol dan kelas IV B dengan jumlah murid 24 orang sebagai kelas eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah Nonequivalet Control Group. Pemilihan sample dalam penelitian ini menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, pemberian tes yang berupa pretest dan posttes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan Uji normalitas dengan uji Kolmogrov-Smirnov Normality Test dengan data posttes berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample TTest dengan data posttes kelas kontrol dan eksperimen terdapat pengaruh hasil belajar IPS. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar IPS murid kelas IV SD Inpres Mangasa I Kecamatan Rappocini Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:08
Last Modified: 14 Jul 2023 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32895

Actions (login required)

View Item View Item