HUBUNGAN KINERJA GURU BAHASA INDONESIA DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 40 BULUKUMBA

Jumroh, Siti Fatihaturrahmah Al. (2017) HUBUNGAN KINERJA GURU BAHASA INDONESIA DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 40 BULUKUMBA. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL TESIS.docx

Download (39kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya hubungan positif yang terjadi antara kinerja guru bahasa Indonesia dan prestasi belajar bahasa Indonesia. Populasi penelitian terdiri atas dua bagian, yakni guru yang berjumlah 4 orang dan siswa yang berjumlah 254 orang yang ada di SMP Negeri 40 Bulukumba. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah sampel totaluntuk kinerja guru diperoleh 4 orang dan Simple Random Sampling untuk siswa diperoleh 129, Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa uji Correlation Coefficient Kendall tau_b. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) guru-guru bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 40 Bulukumba berada pada tingkat kategori kemampuan baik dengan perolehan nilai 78,57 yang berada pada rentang 76-90; (2) prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 40 Bulukumba berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 82,92; dan (3) terdapat hubungan positif antara kinerja guru bahasa Indonesia dan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 40 Bulukumba, dapat terlihat dari nilai signifikan sebesar 0,035 dan berdasarkan Correlation Coefficient sebesar 0,913 yang berada pada rentang 0,70 ≤ 0,913 < 1,00 (Korelasi sangat erat) yang menandakan bahwa tingkat korelasi yang terjadi antara kinerja guru bahasa Indonesia dan prestasi belajar bahasa Indonesia sangat erat. Saran dalam penelitian ini adalah guru hendaknya lebih meningkatkan kembali kompetensi kinerjanya agar menjadi lebih baik lagi, sedangkan bagi siswa diharapkan mempertahankan prestasi yang diperoleh dengan cara belajar lebih tekun. Kata Kunci:Hubungan,Kinerja Guru, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Oct 2017 05:34
Last Modified: 20 Oct 2017 05:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3288

Actions (login required)

View Item View Item