PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING ANDss LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILANMENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SD INPRES TAMALANREA I KOTA MAKASSAR

Lidya Amalia Sutanto (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING ANDss LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILANMENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SD INPRES TAMALANREA I KOTA MAKASSAR.

[img] Text
pdf. SKRIPSI LIDYA AMALIA SUTANTO 1247442021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Lidya Amalia Sutanto, 2016, Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Siswa Kelas IV SD Inpres Tamalanrea I Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom.,M.Pd dan Dr. Andi Cudai Nur, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan proses dan hasil keterampilan menulis narasi melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas IV SD Inpres Tamalanrea I Kota Makassar. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil keterampilan menulis narasi pada siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 41 siswa, terdiri dari 30 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan, guru kelas. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dirancang dalam pelaksanaan 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan memiliki empat tahapan di setiap pertemuan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Proses penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada penelitian ini meliputi komponen-komponen kontekstual yakni konstruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SD Inpres Tamalanrea I Kota Makassar. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan di setiap siklus pada aspek keterampilan guru dan aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I kategori baik menjadi sangat baik pada siklus II. Aspek keterampilan menulis narasi juga mengalami peningkatan dari siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal yang belum mencapai indikator keberhasilan meningkat pada siklus II dengan kategori sangat baik yang menunjukkan hasil keterampilan menulis narasi siswa telah memenuhi syarat dari indikator keberhasilan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:35
Last Modified: 13 Jul 2023 06:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32878

Actions (login required)

View Item View Item