SIMSON PAULUS NDUN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHINGAND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 12 BABANAKECAMATAN UJUNG LOE, KABUPATEN BULUKUMBA.
Text
SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
Abstract
SIMSON PAULUS NDUN. 2016. Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V di SDN 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing Nurhaedah, S.Pd., M.Pd. dan Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa di kelas V SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai guru dan seorang guru kelas V sebagai observer serta seluruh siswa kelas V SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba yang berjumlah 20 orang, dengan rincian 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan hasil belajar IPA. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif untuk mengolah data mengenai proses pembelajaran dan teknik analisis data statistik deskriptif untuk mengolah data mengenai hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Kesimpulan hasil penelitian yaitu pada siklus I penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berada pada kategori cukup dan rata-rata hasil belajar IPA berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning mengalami peningkatan yakni mencapai kategori baik dan rata-rata hasil belajar IPA meningkat mencapai kategori baik. Dengan demikian dapat kita katakan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 01:27 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 01:27 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32873 |
Actions (login required)
View Item |