SYAMSANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN RAPPOKALELENG KELURAHAN TAMALLAYANG KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA.
Text
pdf. SYAMSANI 1247441032 SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Syamsani, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mappinguntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Rappokaleleng Kelurahan Tamallayang Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M.Pd dan Drs. Mufa’adi, M.si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Rappokaleleng Kelurahan Tamallayang Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPSsiswa kelas IV SDN Rappokaleleng Kelurahan Tamallayang Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa?. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Rappokaleleng Kelurahan Tamallayang Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan model pembelajaran Mind Mapping dan hasil belajar IPS. Setting penelitian bertempat di SDN Rappokaleleng Kelurahan Tamallayang Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa dengan subjek penelitian satu orang guru dan siswa kelas IV SDN Rappokaleleng Kelurahan Tamallayang Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa dengan jumlah 29 orang siswa yang terdiri dari 11siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskripstif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas guru dan siswa, yaitu pada siklus I pertemuan I berada pada kategori kurang sedangkan pertemuan II masih berada pada kategori kurang. Kemudian pada siklus II pertemuan I sudah meningkat ke kategori cukup, selanjutnya pada pertemuan II kembali meningkat menjadi kategori baik. Sedangkan untuk hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu siklus I berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Selain itu, dapat juga dilihat dari peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Sehingga disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Rappokaleleng Kelurahan Tamallayang Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa pada mata pelajaran IPS
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 05:18 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 05:18 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32867 |
Actions (login required)
View Item |