PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES BONTO-BONTOA KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

LISDAWATY (2023) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES BONTO-BONTOA KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Sampul.doc

Download (58kB)
[img] Text
persetjuan pmbimbing setelah skripsi.doc

Download (116kB)
[img] Text
Pengesahan Ujian Skripsi.docx

Download (127kB)
[img] Text
abstrak dsb.doc

Download (133kB)
[img] Text
Bab I.doc

Download (42kB)
[img] Text
Bab II.doc

Download (94kB)
[img] Text
Bab III .doc

Download (98kB)
[img] Text
Daftar pustaka.doc

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran 1-22.doc

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran data hasil belajar siklus 1 dan 2.doc

Download (207kB)
[img] Text
Lampiran foto dokumentasi.doc

Download (15MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.doc

Download (2MB)

Abstract

LISDAWATY S, 2016, Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hail Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Bonto-bontoa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Latang, M.Pd, dan Dr. Ansar, M.Si. Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Bonto-bontoa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Adapun rumusan masalahnya yaitu 1) bagaimanakah penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD Inpres SD Inpres Bonto-bontoa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa ? 2) Apakah penerapan pendekatan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV SD Inpres SD Inpres Bonto-bontoa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa ? Tujuan penelitian yaitu 1) untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD Inpres SD Inpres Bonto-bontoa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa dan 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres SD Inpres Bonto-bontoa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif . Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV. Peningkatan pada hasil belajar siswa siklus I belum berhasil mencapai 80% siswa yang memperoleh nilai ≥65 kentuntasan secara klasikal dan berada pada kategori cukup. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itu dilihat dari nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan yang mencapai 80% siswa yang memperoleh ≥65 dan berada pada kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Bonto-bontoa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:45
Last Modified: 12 Jul 2023 02:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32859

Actions (login required)

View Item View Item