PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION ( RME ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAKELAS V SDN 166 LABURAWUNG KECAMATANLALABATA KABUPATEN SOPPENG

ANDI ARNI PRATIW (2023) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION ( RME ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAKELAS V SDN 166 LABURAWUNG KECAMATANLALABATA KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
ANDI ARNI PRATIWI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Andi Arni Pratiwi, 2016. Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education(RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 166 Laburawung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh, Muhammad Irfan, S.Pd M.Pd. dan Sahril Buchori S.Pd M.PdMasalah dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SDN 166 Laburawung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan RME untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN 166 Laburawung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan RME untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 166 Laburawung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah satu orang guru dan siswa kelas V SDN 166 Laburawung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng yang berjumlah 23 orang siswa. Fokus penelitian ini adalah pendekatan RME dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, dokumentasi dan observasi yaitu aktifitas guru dan siswa selama proses pelaksanaan tindakan, sedangkan data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus I untuk observasi aktifitas guru dan aktifitas siswa berada pada kategori cukup karena dalam proses pembelajaran guru belum maksimal dalam menjalankan langkah-langkah pendekatan RME sehingga hanya 14 siswa yang mencapai nilai KKM dan 8 siswayang tidak mencapai nilai KKM. Pada siklus II untuk observasi aktifitas guru dan aktifitas siswa sudah berada pada kategori baik karena dalam proses pembelajarannya guru sudah melaksanakan langkah-langkah pendekatan RME sesuai yang diharapkan sehingga hanya 3 siswa yang tidak mencapai nilai KKM sedangkan 19 siswa yang lain sudah mencapai nilai KKM yang ditetapkan yakni 70. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 166 Laburawung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:09
Last Modified: 12 Jul 2023 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32854

Actions (login required)

View Item View Item