PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR KARTUN STRIP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD INPRES HARTACO INDAH KOTA MAKASSAR

HUDAL FAJRIAH (2023) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR KARTUN STRIP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD INPRES HARTACO INDAH KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Hudal Fajriah 1247442010.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hudal Fajriah, 2016, Penggunaan Media Gambar Kartun Strip Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Inpres Hartaco Indah Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom.,M.Pd dan Drs. Lutfi B, M.Kes. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis karangan bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres Hartaco Indah Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran dengan menggunakan media gambar kartun strip dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres Hartaco Indah Kota Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan bahasa Indonesia melalui penggunaan media gambar kartun strip siswa kelas IV SD Inpres Hartaco Indah Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penggunaan media gambar kartun strip dan keterampilan menulis karangan bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan siswa kelas IV di SD Inpres Hartaco Indah Kota Makassar yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki laki dan 22 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada aspek keterampilan guru mengalami peningkatan dengan kategori cukup pada siklus I dan kategori baik pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada aspek aktivitas belajar siswa yaitu dengan kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Aspek keterampilan menulis karangan bahasa Indonesia juga mengalami peningkatan dengan kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II serta tercapainya nilai KKM pada indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar kartun strip dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres Hartaco Indah Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:59
Last Modified: 12 Jul 2023 01:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32852

Actions (login required)

View Item View Item