PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMUNIKASI DATA BERBASIS ROLE PLAYING GAME (RPG) DI SMK TELKOM MAKASSAR

Wahyuningsih, Sri (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMUNIKASI DATA BERBASIS ROLE PLAYING GAME (RPG) DI SMK TELKOM MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL SRI WAHYUNINGSIH PPs UNM.docx

Download (47kB)

Abstract

Abstrak Pengembangan Media Pembelajaran Komunikasi Data Berbasis Role Playing Game(RPG) di SMK Telkom Makassar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahuikondisi pembelajaran mata pelajaran komunikasi data berbasis Role Playing Game (RPG) di SMK Telkom Makassar; (2) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran komunikasi data berbasis Role Playing Game (RPG) di SMK Telkom Makassar;dan (3) menghasilkan media pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran komunikasi data berbasis Role Playing Game (RPG) di SMK Telkom Makassar. Dalam merancang media pembelajaran ini, peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi menjadi ADDI. Produk pengembangan yang dihasilkan adalah media pembelajaran berupa game berbasis RPG Maker VX ACEyang dilengkapi dengan modul dan buku panduan. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMK Telkom Makassar. Peserta didik kelas XI (Sebelas) dijadikan subjek uji coba dalam penelitian ini yakni 3peserta didik pada uji coba one to one, 10 peserta didik pada uji coba kelompok kecil serta 30 peserta didikpada uji coba lapangan, 1 pendidik dan 2 pengamat pada uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, data angket atau kuisioner. Hasil penelitian ini, yaitu; (1) pada kondisi awal pembelajaran cenderung didominasi oleh pendidik dengan menggunakan metode ceramah yang mengakibatkan peserta didik lebih banyak pasif, akibatnya peserta didik terkadang merasa jenuh tanpa memberi kesempatan pada peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran; (2) proses pengembangan media pembelajaran berbasis RPG Maker VX ACE mengacu pada model ADDI yaitu analisis, desain, dan pengembangan; dan (3) produk yang dihasilkan berupa game pembelajaran telah valid, efektif dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran komunikasi data di SMK Telkom Makassar yang dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase yakni 85,01% - 100% dalam kategori sangat baik. Kata Kunci :Media, Game, RPG Maker VX ACE

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Oct 2017 03:42
Last Modified: 20 Oct 2017 03:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3285

Actions (login required)

View Item View Item