HUBUNGAN BAHASA SEHARI-HARI GURU TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 3 AMPARITA KECAMATAN TELLU LIMPOE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

LA SIATTA (2023) HUBUNGAN BAHASA SEHARI-HARI GURU TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 3 AMPARITA KECAMATAN TELLU LIMPOE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG.

[img] Text
SKRIPSI LA SIATTA.docx

Download (5MB)
[img] Spreadsheet
daftar nilai.xlsx

Download (16kB)

Abstract

La Siatta. 2016. Hubungan Bahasa Sehari-Hari Guru Terhadap Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 3 Amparita Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. Skripsi ini Dibimbing oleh Drs. Latri Aras, S.Pd, M.Pd. dan Dra. St. Habibah, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini mengkaji tentang bahasasehari-hari guru sebagai upaya untuk peningkatan pemahaman konsep bahasa siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Permasalahan dalam penelitian ini adalah perlunya pembuktian mengenai peggunaan bahasa sehari - hari guru dalam pembelajaran apakah akan banyak berpengaruh terhadap pemahaman siswa, apakah akan banyak menjadi penyemangat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh bahasa sehari - hari guru terhadap peningkatan pemahaman konsep bahasa pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 3 Amparita Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui apakah ada pengaruh bahasa sehari-hari guru terhadap peningkatan konsep bahasa pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 3 Amparita Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kuantitatif type Ex Post Facto. Adapun focus penelitian terdiri dari Bahasa dan Pemahaman. Lokasi tempat meneliti adalah di Kabupaten Sidenreng Rappang Kecamatan Tellu Limpoe tepatnya di SDN 3 Amparita. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas V secara keseluruhan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis Kuantitatif dengan cara Ex Post Facto, yaitu dengan cara menentukan variable X dan variable Y suatu penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa sehari - hari guru dalam proses pembelajaran tidak terlalu berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahasa sehari - hari yang digunakan tidak terlalu berpengaruh, oleh karena itu guru harusnya lebih mengutamakan bahasa Indonesia dalam proses pembelajarannnya, di lingkungan sekolah maupun berkomunikasi sehari –hari dengan siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:08
Last Modified: 11 Jul 2023 02:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32834

Actions (login required)

View Item View Item