MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI CERITA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN GAMBAR BERSERI SISWA KELAS IV SDN 272 PARAHUA KABUPATEN LUWU TIMUR

YUSRI SUCIATI (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI CERITA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN GAMBAR BERSERI SISWA KELAS IV SDN 272 PARAHUA KABUPATEN LUWU TIMUR.

[img] Text
Sampul Lengkap Yusri Suciati.doc

Download (90kB)
[img] Text
Bab I Yusri Suciati.doc

Download (50kB)
[img] Text
Bab II Yusri Suciati.doc

Download (94kB)
[img] Text
Bab III Yusri Suciati.doc

Download (49kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Yusri Suciati.doc

Download (44kB)
[img] Text
RPP dan Lampiran Yusri Suciati.doc

Download (25MB)
[img] Text
Riwayat Hidup Yusri Suciati.docx

Download (14kB)

Abstract

Yusri Suciati. 2012. Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Cerita Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Penggunaan Gambar Berseri Siswa Kelas IV SDN 272 Parahua Kabupaten Luwu Timur. Skripsi. Dibimbing Nur Abidah Idrus, S.Pd, M.Pd.,pembimbing I dan Drs. Andi Makkasau, M.Si. pembimbing II Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas IV SD Negeri 231 Lakawali Kabupaten Luwu Timur? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 231 Lakawali Kabupaten Luwu Timur melalui penerapan model pembelajaran Time Token. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus di mana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observer dan refleksi dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 231 Lakawali Kabupaten Luwu Timur. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes kemampuan berbicara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang menghasilkan frekuensi dan persentase. Hasil penelitian penunjukan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 231 Lakawali Kabupaten Luwu Timur dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Time Token mengalami peningkatan. Aktivitas belajar siswa pada siklus I dalam bentuk kerjasama dalam pelaksanaan diskusi masih kurang namun sudah menunjukkan keberanian berbicara di depan kelas sedangkan hasil belajar siswa siklus I masih berada pada kategori kurang. Adapun aktivitas belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan pada aspek kerjasama dalam pelaksanaan diskusi, aspek lain juga mengalami peningkatan yang cukup tinggi sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II berada pada kategori tinggi. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti bahwa jika penerapan model pembelajaran Time Token digunakan dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 231 Lakawali Kabupaten Luwu Timur.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:13
Last Modified: 11 Jul 2023 01:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32825

Actions (login required)

View Item View Item