ANALISIS MASALAH PENGGUNAAN TONGKAT PADA MAHASISWA TUNANETRA DALAM MELAKUKAN ORIENTASI DAN MOBILITAS DI LINGKUNGAN KAMPUS FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

NOVA MAY CHRISTIE (2023) ANALISIS MASALAH PENGGUNAAN TONGKAT PADA MAHASISWA TUNANETRA DALAM MELAKUKAN ORIENTASI DAN MOBILITAS DI LINGKUNGAN KAMPUS FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel_Nova May Christie_1945041026.pdf

Download (263kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah masalah penggunaan tongkat pada mahasiswa tunanetra dalam melakukan orientasi dan mobilitas di lingkungan kampus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : Untuk mengetahui dan menguraikan masalah-masalah penggunaan tongkat pada mahasiswa tunanetra dalam melakukan orientasi dan mobilitas di lingkungan kampus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan catatan lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang mahasiswa tunanetra yang menggunakan tongkat dan masih aktif kuliah pada jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar pada saat penelitian ini dilaksanakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ditemukan masalah-masalah penggunaan tongkat yang dialami mahasiswa tunanetra ketika berorientasi dan mobilitas di lingkungan kampus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang dihadapi meliputi kesulitan dalam memposisikan tongkat sesuai jalur yang ada, tidak dapat menggunakan teknik perlindungan diri, serta tidak dapat menggunakan teknik menelusuri yang baik untuk mengetahui posisi dan tujuannya. Masalah ini disebabkan oleh kurangnya teknik yang baik dalam penggunaan tongkat dan kondisi lingkungan kampus yang tidak memadai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:34
Last Modified: 10 Jul 2023 06:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32822

Actions (login required)

View Item View Item