PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPAKAIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA ANAK DOWN SYNDROME

SUGIRA AHMAD (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPAKAIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA ANAK DOWN SYNDROME.

[img] Text
JURNAL SUGIRA AHMAD 1745041005.pdf

Download (403kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Peningkatan Kemampuan Berpakaian Menggunakan Kaos Oblong Pada Anak Down Syndrome . Rumusan masalah yang dikaji penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan kemampuan berpakaian kaos oblong melalui penerapan model pembelajaran langsung pada anak Down Syndrome Kelas III di SLB YPPLB Pangkep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kemampuan berpakaian kaos oblong anak sebelum pemberian intervensi. (2) Kemampuan berpakaian kaos oblong anak saat pemberian intervensi melalui model pembelajaran langsung. (3) Kemampuan berpakaian kaos oblong anak setelah intervensi. (4) Kemampuan berpakaian kaos oblong anak berdasarkan analisis antar kondisi sebelum diberi intervensi, saat diberi intervensi, dan setelah diberi intervensi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak Down Syndrome berinisial AS. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu Single Subject Research (SSR) dengan disain A-B-A. Kesimpulan hasil penelitian ini : (1) Kemampuan berpakaian kaos oblong anak Down Syndrome sebelum pemberian intervensi berada pada kategori sangat kurang mampu. (2).Kemampuan berpakaian kaos oblong anak Down Syndrome meningkat ke kategori mampu pada kondisi intervensi. (3) Kemampuan berpakaian kaos oblong anak Down Syndrome meningkat ke kategori sangat mampu setelah pemberian intervensi. (4) Ada peningkatan kemampuan berpakaian kaos oblong anak Down Syndrome kelas III di SLB YPPLB Pangkep dari kategori sangat kurang mampu, ke kategori mampu,sampai ke kategori sangat mampu melalui penerapan model pembelajaran langsung

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:30
Last Modified: 10 Jul 2023 06:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32821

Actions (login required)

View Item View Item