Meningkatkan Durasi Kontak Mata Anak Autis Melalui Teknik Look and Say Di SLB Yayasan Pendidikan Taman Pelangi Sorowako.

Selmi Tarappak Panggoa (2023) Meningkatkan Durasi Kontak Mata Anak Autis Melalui Teknik Look and Say Di SLB Yayasan Pendidikan Taman Pelangi Sorowako.

[img] Text
JURNAL SELMI TARAPPAK PANGGOA-1.pdf

Download (634kB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini yaitu seorang anak autis yang memiliki kemampuan kontak mata masih rendah. anak masih rendah merespon perintah. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah teknik Look dapat meningkatkan durasi kontak mata anak autis. Tujuan utama pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kontak mata pada anak autis kelas 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan atau tes kinerja. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang siswa autis kelas 4. Teknik penelitian ini adalah eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistic kuantitatif dan ditampilkan dalam bentuk presentase, grafik dan mean. Hasil penelitiaan ini menunjukkan bahwa kemampuan kontak mata anak sebelum penerapan teknik Look kategori kurang. (1) kemampuan durasi kontak mata subjek NA sebelum penerapan teknik Look sangat rendah dan. (2) kemampuan durasi kontak mata subjek NA saat diberi perlakuan teknik look meningkat ke kategori tinggi. (3) setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan teknik look, durasi kontak mata anak autis berada pada kategeori cukup. (4) peningkatan kemampuan durasi kontak mata subjek NA pada kondisi baseline 1 (A1) sebelum diberikan perlakuan dari kategori tinggi pada kondisi intervensi (B) selama diberikan perlakuan menurun ke kategori cukup pada kondisi baseline 2 (A2) setelah diberikan perlakuan, akan tetapi nilai yang diperoleh subjek NA lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Artinya teknik Look dapat meningkatkan durasi kontak mata anak autis. hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari pemberian intervensi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:21
Last Modified: 10 Jul 2023 06:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32819

Actions (login required)

View Item View Item