PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK PEMBUATAN MINYAK MANDAR PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMK NEGERI 5 MAJENE

MUH. ILHAM ALAM (2023) PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK PEMBUATAN MINYAK MANDAR PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMK NEGERI 5 MAJENE.

[img] Text
jurnal Muh. Ilham Alam (Pengembangan Media E-book Pembuatan Minyak Mandar Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI SMK ~1.pdf

Download (670kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis tingkat kebutuhan siswa terhadapmedia e-book pembuatan Minyak Mandar, (2) mengetahui gambaran desain media ebook pembuatan Minyak Mandar, (3) mengetahui tingkat validitas dan kepraktisanmedia e-book pembuatan Minyak Mandar. Penelitian ini dikembangkan denganmenggunakan model 4D (define, design, development, disseminate). Penelitian inidilakukan di SMK Negeri 5 Majene. Subjek dari penelitian ini adalah validator yangterdiri dari ahli media dan ahli materi/isi, siswa kelas XI yang mempelajarikewirausahaan dan guru mata pelajaran kewirausahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa identifikasi tingkat kebutuhan siswa berada pada kualifikasisangat dibutuhkan. Selanjutnya hasil validasi ahli media berada pada kualifikasisangat baik, hasil validasi ahli materi/isi berada pada kualifikasi sangat baik. Padatahap uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil kualifikasi sangat baik. Kemudian pada tahap uji coba kelompok besar mendapatkan kualifikasi sangat baik dan hasiltanggapan guru mata pelajaran kewirausahaan berada pada kualifikasi sangat baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini tingkat analisis kebutuhan produk media e-bokkberada pada kualifikasi dibutuhkan serta produk media e-book ini sudah valid dan praktis. Kata kunci: Pengembangan, E-book, Minyak Mandar, Kewirausahaan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Jul 2023 05:49
Last Modified: 10 Jul 2023 05:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32814

Actions (login required)

View Item View Item