LEDY DAMAYARTI (2023) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PENERIMAAN DIRI WARGABINAAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIA SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA.
Text
JURNAL LEDY DAMAYARTI.pdf Download (176kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif yangbertujuan untuk mengetahui gambaran dukungan keluarga, tingkat penerimaan diri warga binaan dan hubungan dukungan keluarga terhadap penerimaan diri warga binaan diLembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Sungguminasa Kabupaten Gowa. Variabelbebas dalam penelitian ini adalah dukungan keluarga, sedangkan variabel terikat dalampenelitian ini adalah penerimaan diri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wargabinaan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Sungguminasa Kabupaten Gowayang berjumlah 367 orang, sedangkan sampel pada penelitian ini sebanyak 65 orang denganteknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Teknik analisis data yang digunakanyaitu analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh gambaran dukungan keluarga masing masing indikator dukungan perindikator variabelyaitu indikator bantuan informatif 93%, perhatian emosional 94%, bantuan instrumental 70%, dan bantuan penilaian 92%. Dukungan keluarga tergolong sedang dengan persentase34% dan penerimaan diri tergolong sedang dengan persentase 32%. Terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan penerimaan warga binaan di LembagaPemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Sungguminasa Kabupaten Gowa. Dengan nilai koefisien korelasi pearson product moment sebesar 0,550 yang masuk dalam kategorisedang. Kata kunci : Dukungan Keluarga, Penerimaan Diri, Warga Binaan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 02:48 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 02:48 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32802 |
Actions (login required)
View Item |