KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA ASPEK PENGUASAAN TIK DI SMA NEGERI 11 LUWU TIMUR SOROWAKO KABUPATEN LUWU TIMUR

Natania Rahayu Putri Lallo (2023) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA ASPEK PENGUASAAN TIK DI SMA NEGERI 11 LUWU TIMUR SOROWAKO KABUPATEN LUWU TIMUR.

[img] Text
Jurnal_1843041044 (Natania).pdf

Download (301kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Kompetensi Profesional Guru Pada Aspek Penguasaan TIK di SMA Negeri 11 Luwu Timur Sorowako Kabupaten Luwu Timur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kompetensi profesional guru pada aspek penguasaan TIK serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam menguasai TIK. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran kompetensi profesional guru pada aspek penguasaan TIK di SMA Negeri 11 Luwu Timur sudah cukup baik, guru dapat mengoperasikan laptop; guru sudah cukup menguasai beberapa software Microsoft Office dasar seperti Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, dan Microsoft Excel; guru dapat mengoperasikan kamera video dan audio seperti pada saat menggunakan Google Meet/Zoom; guru dapat menggunakan aplikasi editing seperti Canva dan Filmora untuk mengedit gambar dan video; guru dapat membuat slide presentasi yang menarik dengan mendownload template dari internet dan memodifikasinya; guru dapat membuat soal-soal menggunakan laptop; guru sudah tidak asing lagi dengan media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, dan juga internet yang biasa digunakan untuk mencari referensi pembelajaran; guru sudah mengenal blog karena biasa membuka blog orang lain yang isinya memuat tentang pelajaran, bahkan ada juga yang mempunyai blog sendiri. (2) Faktor yang menjadi pendukung guru dalam menguasai TIK yaitu guru-guru saling membantu perihal penggunaan TIK, tersedianya laboratorium komputer, dan adanya pembinaan dari kepala sekolah. Adapun faktor penghambatnya yaitu jaringan yang tidak mendukung karena lokasi sekolah yang kurang strategis, listrik yang tidak stabil, gagap teknologi, dan faktor usia juga menjadi penghambat guru dalam menguasai TIK

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:22
Last Modified: 07 Jul 2023 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32786

Actions (login required)

View Item View Item