PENGARUH KEGIATAN BERMAIN MAZE TERHADAP KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MALLISU

Marlia (2023) PENGARUH KEGIATAN BERMAIN MAZE TERHADAP KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MALLISU.

[img] Text
ARTIKEL MARLIA FIX.pdf

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain maze terhadap kemampuan visual spasial anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Mallisu. Berdasarkan pengamatan kenyataan di lapangan terdapat permasalahan yaitu rendahnya kemampuan visual spasial anak masih kurang dikarenakan metode pembelajaran yang dilakukan kurang menarik karena menggunakan lembar kerja serta pembelajarannya masih bersifat konvensional yang artinya bersifat monoton. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain penelitian yaitu nonequaivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Mallisu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 anak dengan 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan visual spasial anak yang diberi perlakuan permainan maze pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Permainan maze memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan visual spasial anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Mallisu.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:39
Last Modified: 07 Jul 2023 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32780

Actions (login required)

View Item View Item