Pengaruh Bermain Sosiodrama Berbasis Audio Visual Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Timpuseng. Skripsi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Nurlinda (2023) Pengaruh Bermain Sosiodrama Berbasis Audio Visual Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Timpuseng. Skripsi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL INDAH FIX.pdf

Download (654kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain sosiodrama berbasis audiovisual terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahunn di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Timpuseng. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain penelitian yaitu nonequaivalent Control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah anak didik di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Timpuseng yang berjumalh 18 orang anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian adalah 10 anak dengan 5 anak sebagai kelompok eksperimen dan 5 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara anak yang diberi perlakuan kegiatan bermain sosiodrama berbasis audiovisul pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain sosiodrama berbasis audiovisual memberikan pengaruh yang sifnifikan terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Timpuseng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:24
Last Modified: 07 Jul 2023 02:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32777

Actions (login required)

View Item View Item