PELAKSANAAN PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK KEPALASEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU SD NEGERI49 BALANG 1 DI KABUPATEN JENEPONTO

SRI NINGSI (2023) PELAKSANAAN PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK KEPALASEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU SD NEGERI49 BALANG 1 DI KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
Jurnal Sri Ningsi 1843042012.pdf

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Supervisi AkademikKepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Pada SDNegeri 49 Balang 1 Kabupaten Jeneponto. Tujuan penelitianini untuk mengetahui gambaran perencanaan, pelaksanaan, tindaklanjut serta faktor pendukung dan penghambat supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja gurudalam mengelola pembelajaran pada SD Negeri 49 Balang1. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakandi SD Negeri 49 Balang 1 Kabupaten Jeneponto. Sumber datadalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknikpengumpulan data berupa observasi, wawancara, dandokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulandata, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaansupervisi supervisi kepala sekolah dilakukan secara berkaladan berkesinambungan dengan melibatkan guru dalamproses tersebut yang dilaksanakan pada awal tahun pelajaran dan rutindilaksanakan setiap tahunnya yang dalam proses penyusunanmencakup perumusan tujuan supervise, penentuan Teknik yangdigunakan dalam supervise, membuat jadwal supervisi danpenentuan Teknik yang digunakan saat supervisi sertamenggunakan instrument berpedoman dari LPMP. (2) pelaksanaan supervisi akademik sudah berjalan efektif denganwaktu pelaksanan kegiatan pada awal semester di kelas masing- masing (3) tindak lanjut supervisi akademik adalah mengoreksi terkait hasil supervise yang dilakukan di kelas Bersama guruterkait dengan proses pembelajaran yang dilaksanakan dankepala sekolah mengadakan Pendidikan dan pelatihan kepadaguru yakni IHT (Inhouse Training) (4) faktor pendukung danpenghambat supervisi akademik faktor pendukung didalampelaksanaan supervisi akademik Kepala sekolah terhadapkinerja guru dalam mengelola pembelajaran adalahkelengkapan perangkat administrasi, Kesadaran tenagapendidik dan respon baik dari guru serta faktor yang bisamenghambat supervisi kepala sekolah dalammeningkatkankinerja guru yaitu kedisiplinan, situasi dan kondisi serta sarana dan prasaran

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:49
Last Modified: 07 Jul 2023 01:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32775

Actions (login required)

View Item View Item