UPAYA MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR INPRES GALUNG KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU

Latif, Abdul (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR INPRES GALUNG KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
(2) ABDUL LATIF.docx

Download (84kB)

ABSTRACT This research is a (classroom action research), which aims to determine the level of physical fitness through play approach Instruction grade II SD Galung Barru Barru sub district, in the second semester of the 2015/2016 academic year consisting of 30 student. The research was conducted in two cycles consisting of four acfivities, namely : planning (planning), implementation (acting), observation (observing), evaluation or reflection (reflecting) . Cycles I and the second cycle was conducted for 4 meetings. Learning outcomes data collection is done by using observation sheets, worksheets and final tests of learning at the end of the test cycle I and the end of the cycle II. Data is collected, analyzed quantitatively. The results of a quantitative analysis of the research data of physical fitness through an approach shows that students who completed their study in the first cycle is 11 people or 36.66%, while that did not complete as many as 19 people or 63.33%. In the second cycle students who complete study results 26 people or 86.66%, while not complete 4 people or 13.33%. The analysis also shows that there is an increasing physical fitness through play approach Instruction Grade II SD Galung the District Barru Barru which significant. Berdasarkan results of this study can be concluded that the teaching of physical education with material Play Approach can to improve physical fitness of students. Keywords: Physical Fitness Through Play Approach Physical Education Students ABSTRAK: Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani melalui pendekatan bermain siswa kelas II SD Inpres Galung Kecamatan Barru Kabupaten Barru, pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 30 orang peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), evaluasi atau refleksi (reflecting). Siklus I maupun siklus II dilaksanakan selama 4 kali pertemuan.Pengumpulan data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, LKS dan tes akhir belajar pada tes akhir siklus I dan akhir siklus II. Data yang terkumpul, dianalisis secara kuantitatif. Hasil analisis kuantitatif data hasil penelitian kebugaran jasmani melalui pendekatan bermain menunjukkan bahwa siswa yang tuntas belajarnya pada siklus I adalah II orang atau 36,66% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 19 orang atau 63,33%. Pada siklus II siswa yang tuntas hasil belajarnya 26 orang atau 86,66%, sedangkan tidak tuntas 4 orang atau 13,33%. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kebugaran jasmani melalui pendekatan bermain Siswa Kelas II SD Inpres Galung Kecamatan Barru Kabupaten Barru yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani dengan materi pendekatan bermain dapat meningkatkan kebugaran jasmani peserta didik. Kata Kunci: Kebugaran Jasmani Pendekatan Bermain Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Oct 2017 03:59
Last Modified: 19 Oct 2017 03:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3277

Actions (login required)

View Item View Item