Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 2 Bulukumba melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Model Pictures and Student Active (PASA)

NURHANUDDIN, NURHANUDDIN (2016) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 2 Bulukumba melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Model Pictures and Student Active (PASA). S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.doc

Download (57kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (31kB)

ABSTRAK Dalam kegiatan pembelajaran Sejarah terdapat banyak permasalahan pembelajaran yang muncul. Salah satu permasalahan pembelajaran yang sering muncul adalah kurangnya motivasi belajar siswa. Hal itu pula yang nampak pada kelas X.1 SMA Negeri 2 Bulukumba . Hal itu terlihat saat kegiatan pembelajaran berlangsung kebanyakan siswa masih banyak yang mengobrol sendiri, tidak memperhatikan guru dan tidak aktif bertanya. Berkaitan dengan hal itu maka perlu diterapkan model atau metode pembelajaran yang baru guna meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas X. 1 pada mata pelajaran Sejarah. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran PASA. model pembelajaran PASA (Pictures and Student Active) dengan tujuan mendapatkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-1 dengan jumlah siswa 36 SMA Negeri 2 Bulukumba dengan 2 siklus penelitian. Siklus I model Picture On Board dan siklus II model Stories Board. Hasil evaluasi pada siklus I belum maksimal kemudian diperbaiki pada siklus II. Siswa diberikan pertanyaan secara langsung berupa pertanyaan quiz dengan tujuannya untuk mengetahui hasil belajar secara langsung dan untuk mengembangkan metode pembelajaran yang dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa. Sementara pada siklus II juga siswa diberikan pertanyaan quiz secara langsung dan ternyata hasilnya memuaskan karena adanya peningkatan motivasi belajar. Dengan hasil yang signifikan antara siklus I dan siklus II, peneliti di masa yang akan datang akan mencoba menggabungkan model-model pembelajaran dengan rangkaian pendekatan dengan model PASA ( Pictures and Student Active), harapannya adalah mencari titik temu yang valid metode pembelajaran yang paling efektif untuk pelajaran sejarah Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan mengunakan penerapan metode pendekatan Contextual Teaching Learning dengan model PASA ( Pictures and Student Active) untuk meningkatkan motivasi belajar Sejarah siswa kelas X.1 SMA Negeri 2 Bulukumba, maka dapat di simpulkan bahwa mengalami peningkatan motivasi belajar, setelah pelaksanaan siklus I dikatergorikan tinggi dan siklus II dikategorikan sangat tinggi. Maka penerapan metode pendekatan Contextual Teaching Learning dengan model PASA ( Pictures and Student Active) dipercaya sebagai metode yang ampuh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kata kunci : Motivasi, hasil belajar, PASA (picture and Student Active)

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Oct 2017 03:46
Last Modified: 19 Oct 2017 03:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3273

Actions (login required)

View Item View Item