Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi: Sebuah Nilai Budaya untuk Upaya Pencegahan Bullying dengan Memaksimalkan Peran Bystander

Halima, Andi and Khumas, Asniar and Zainuddin, Kurniati Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi: Sebuah Nilai Budaya untuk Upaya Pencegahan Bullying dengan Memaksimalkan Peran Bystander. Indonesian Psychological Research.

[img] Text
549-ArticleText-2550-1-10-20210730.pdf

Download (347kB)

Abstract

Bystander berperan penting pada terulang tidaknya episode bullying di sekolah. Bystander perlu dilibatkan secara aktif dalam upaya pencegahan bullying. Pencegahan bullying perlu sensitif budaya. Nilai Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi dalam budaya Bugis sejalan dengan nilai anti-bullying. Penelitian ini merupakan studi awal yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai budaya Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge mendorong bystander bertindak aktif dan bagaimana nilai tersebut diterapkan dalam pergaulan di sekolah. Prosedur sosiometri dan ilustrasi peran bullying digunakan untuk mengidentifikasi peran bystander. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan prosedur wawancara semi terstruktur dan observasi non partisipatif terhadap empat bystander yang berperan membela pada situasi bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap saling menghargai, mengingatkan, dan menghormati muncul dalam pergaulan sesama teman didasari oleh nilai-nilai agama dan dari nilai budaya Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi yang disosialisasikan dalam budaya Bugis. Nilai karakter dalam konsep Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi telah diterapkan pada strategi yang digunakan bystander untuk melakukan tindakan pencegahan bullying. Temuan ini dapat menjadi masukan untuk mempromosikan nilai-nilai agama dan budaya sebagai upaya pencegahan bullying di sekolah.

Item Type: Article
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: Jusniar Jusniar
Date Deposited: 30 Jun 2023 22:00
Last Modified: 30 Jun 2023 22:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32718

Actions (login required)

View Item View Item