KOMPARASI ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI DAYA MATEMATIS PADA SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 1 LAPPARIAJA

Sunarti, Sunarti (2016) KOMPARASI ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI DAYA MATEMATIS PADA SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 1 LAPPARIAJA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL UNA.docx

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan menggunakan the nonequivalent pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPA SMA Negeri 1 Lappariaja tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 188 siswa. Penelitian melibatkan dua kelas eksperimen, yakni kelas X IPA 4 yang terdiri dari 38 siswa dan kelas X IPA 5 yang terdiri dari 36 siswa yang dipilih dengan teknik cluster simple random sampling. Kelas ekperimen pertama diberi perlakuan dengan menerapkan pembelajaran PBL dan kelas ekperimen kedua diberi perlakuan dengan menerapkan pembelajaran NHT. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar(daya matematis), lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar aktivitas siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan menggunakan analisis Multivariate Analysis Of Varians (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Daya matematis (kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematika) setelah penerapan pembelajaran PBL berada pada kategori sedang, sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika berada pada kategori rendah, peningkatan daya matematis berada pada kategori sedang. Daya matematis (kemampuan pemahaman konsep, komunikasi, dan pemecahan masalah matematika) setelah penerapan pembelajaran NHT secara keseluruhan berada pada kategori sedang, peningkatan daya matematis berada pada kategori sedang (2) Terdapat perbedaan peningkatan daya matematis siswa yang diajar melalui pembelajaran PBL dengan pembelajaran NHT (3) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep yang diajar melalui pembelajaran PBL dengan pembelajaran NHT (4) Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan Komunikasi siswa yang diajar melalui model pembelajaran PBL dengan pembelajaran NHT (5) Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang diajar melalui pembelajaran PBL dengan pembelajaran NHT pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Lappariaja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Oct 2017 03:38
Last Modified: 19 Oct 2017 03:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3270

Actions (login required)

View Item View Item