PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR INFORMATIKA PADA SISWA SMA PLUS BUDI UTOMO MAKASSAR

Bachry, M. Ruhan and Tangking Mangesa, Riana and M. Parenreng, Jumadi and Djuanda, Djuanda and Mappalotteng, Abdul Muis and Rasyid, Ramli (2022) PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR INFORMATIKA PADA SISWA SMA PLUS BUDI UTOMO MAKASSAR. Journal Technologycal and Vocational, 6 (2). pp. 142-150. ISSN 2580-0434

[img] Text (Artikel_PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR INFORMATIKA PADA SISWA SMA PLUS BUDI UTOMO MAKASSAR)
34786-86189-4-PB Ruchan Buchary.pdf - Published Version

Download (558kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/UJTV/issue/view/1911

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memperoleh, menganalisis, dan mendeskripsikan data mengenai (1) Mengetahui gambaran implementasi pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study di kelas X SMA Budi Utomo Kota Makassar (2 Mengetahui Gambaran pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap Hasil belajar siswa di kelas X SMA Budi Utomo Kota Makassar 3) Mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap Hasil belajar siswa di kelas X SMA Budi Utomo Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik True Eksperimen Design. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran implementasi pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study di kelas X SMA Budi Utomo Kota Makassar berada pada pada kategori amat baik . Dengan presentasi untuk tahap Plan sebesar 92,3%, tahap Do sebesar 80%, tahap See sebesar 87,5%. nilai rata-rata dengan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol memiliki perbedaan, kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 73,9 dan kelas kontrol dengan nilai rata- rata 52,6, dengan kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sedangkan, pengaruh implementasi pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap Hasil belajar siswa di kelas X SMA Budi Utomo Kota Makassar yaitu berpengaruh secara signifikan sebesar 95%. Sedangkan pengaruh implementasi pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap motivasi belajar siswa di kelas X SMA Budi Utomo Kota Makassar yaitu berpengaruh secara signifikan sebesar 95%. Kata Kunci: Lesson Study, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Amiruddin Amiruddin
Date Deposited: 26 Jul 2023 00:16
Last Modified: 26 Jul 2023 00:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32664

Actions (login required)

View Item View Item