Djuanda, A. Muhammad Irfan, Muhzin, Risky Rismawan. JoVI: Journal of Vocational Instruction Vol 1(1) 53-59 (Mei 2022) e-ISSN 2829-0658; p-ISSN 2829-3282 JOVI | 53 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN LAS BUSUR MANUAL SMAW DI SMKN 3 GOWA

Djuanda, Djuanda and A, Muhammad irfan and Z, Muhsin and Rismawan, Risky (2022) Djuanda, A. Muhammad Irfan, Muhzin, Risky Rismawan. JoVI: Journal of Vocational Instruction Vol 1(1) 53-59 (Mei 2022) e-ISSN 2829-0658; p-ISSN 2829-3282 JOVI | 53 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN LAS BUSUR MANUAL SMAW DI SMKN 3 GOWA. Journal of Vocational Instruction (JoVI), 1 (1). pp. 53-59. ISSN 2829-0658;

[img] Text (Artikel_Djuanda, A. Muhammad Irfan, Muhzin, Risky Rismawan. JoVI: Journal of Vocational Instruction Vol 1(1) 53-59 (Mei 2022) e-ISSN 2829-0658; p-ISSN 2829-3282 JOVI | 53 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X)
33424-82550-1-PB JOVI.pdf - Published Version

Download (181kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/jovi/issue/view/1770

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Factory Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Las Busur Manual (SMAW) Di SMKN 3 Gowa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran teaching factory dan variabel terikatnya adalah motivasi belajar siswa kelas XI mata pelajaran las busur manual (SMAW) di SMKN 3 Gowa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Teknik Pengelasan di SMKN 3 Gowa yang terdiri dari 41 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil sebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Peneliti menggunakan bantuan program SPSS 25.0 dalam analisis data dengan taraf signifikan 5% untuk melihat besarnya pengaruh yang diberikan oleh variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa model pembelajaran teaching factory berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI mata pelajaran las busur manual (SMAW) di SMKN 3 Gowa dengan pengaruh sebesar 67,6%, sedangkan sisanya 32,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Teaching Factory, Motivasi Belajar, SMAW, Kuantitatif.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Amiruddin Amiruddin
Date Deposited: 26 Jul 2023 00:33
Last Modified: 26 Jul 2023 00:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32657

Actions (login required)

View Item View Item