Amiruddin, Amiruddin and Kustono, Djoko and Hadi, Syamsul and Djuanda, Djuanda (2016) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SISTEM GANDA PADA SMK MASA STUDI 3 TAHUN DAN 4 TAHUN. TEKNOLOGI DAN KEJURUAN, 39 (1). 87--98. ISSN 2477-0442
Text (Artikel_ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SISTEM GANDA PADA SMK MASA STUDI 3 TAHUN DAN 4 TAHUN)
6652-7132-1-SM Jurnal Pendidikan.pdf - Published Version Download (170kB) |
Abstract
Pendidikan Sistem Ganda merupakan sistem penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan pendidikan di sekolah dan penguasaan ke- ahlian yang diperoleh melalui pembelajaran di industri secara langsung yang diarah- kan untuk mencapai kesesuaian antara kompetensi peserta didik dengan tuntutan du- nia kerja. Sebagai wujud PSG, maka diberlakukan prakerin dengan tujuan untuk memperkenalkan siswa secara lebih mendalam tentang industri. Prakerin dilaksana- kan pada tahun ke empat untuk SMK empat tahun dan dilaksanakan pada tahun ke dua untuk SMK tiga tahun. Masa studi SMK empat tahun merupakan solusi untuk menghasilkan SDM yang terampil, berkualitas, dan siap untuk langsung terjun ke du- nia industri sebab siswa SMK empat tahun mempunyai waktu lebih lama untuk me- laksanakan prakerin sehingga akan lebih percaya diri untuk memasuki dunia industri. Kata Kunci: PSG, SMK 3 tahun, SMK 4 tahun, pola prakerin
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS TEKNIK FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin |
Divisions: | FAKULTAS TEKNIK |
Depositing User: | Amiruddin Amiruddin |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 00:36 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 00:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32608 |
Actions (login required)
View Item |