Peran Guru PKn dalam membimbin penerapan Norma Kesopanan pada Siswa SMA Negeri 1 Bantaeng

HAJERAH, HAJERAH (2016) Peran Guru PKn dalam membimbin penerapan Norma Kesopanan pada Siswa SMA Negeri 1 Bantaeng. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Guru merupakan suatu profesi yang menentukan dalam mengubah nasib bangsa. Hal ini karena guru bertugas mendidik dan mengajar anak-anak bangsa, mengubah perilaku, membentuk karakter. Sangat diperlukan peran seorang guru dalam mendidik siswa karena siswa selalu berhubungan dengan guru dalam belajar mengajar sehingga baik tidaknya kesopanan siswa disekolah sangat diperlukan aturan yang tegas dari sekolah. Begitu pentingnya peran guru dalam meningkatkan kesopanan siswa dengan mengungkapkan masalah dan pemecahannya, bagaimana guru menerapkan norma kesopanan beserta kendala-kendala yang dihadapi di lapangan. Oleh karena itu penulis mengangkat permasalahan sebagai berikut:(i) Bagaimana peran guru PKn dalam membimbing penerapan norma kesopanan siswa di SMA Negeri 1 Bantaeng? (ii) Apa saja kendala-kendala yang dialami oleh guru PKn dalam membimbing penerapan norma kesopanan siswa ? Tujuan penelitian ini adalah:(i)Untuk mengetahui peran guru PKn dalam membimbing penerapan norma kesopanan siswa di sekolah SMA Negeri 1 Bantaeng; (ii)Untuk mengetahui hambatan hambatan yang dialami oleh guru dalam membimbing penerapan norma kesopanan siswa di sekolah. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan analisis data deskriptif kualitatif yang bersifat mengambarkan dan memaparkan fakta–fakta tentang peran guru PKn dalam membimbing penerapan norma kesopanan pada siswa SMA Negeri 1Bantaeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(i) peran guru PKn dalam membimbing penerapan norma kesopanan siswa di sekolah SMA Negeri 1 Bantaeng adalah mengembangan norma kesopanan di sekolah, memediasi atau menjadi mediator,mengembangan perilaku di sekolah, memberikan informasi didalam kelas tentang norma kesopanan, memberikan motivasi tentang norma kesopanan pada peserta didik, sebagai pasilitator dalam menerapkan norma kesopanan pada peserta didik; (ii)Kendala yang dihadapi dalam proses menerapkan norma kesopanan di SMAN 1 Bantaeng Kabupaten Bantaeng adalah pembinaan karakter yaitu adanya sikap dan watak yang berbeda-beda sehingga sulit untuk menerapkanya, pengaruh lingkungan adalah karakter anak semakin menuju ketinggat negatif, faktor ekonomi adalah karna watak anak yang semakin tinggi dan berlebihan terhadap orang tua.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Oct 2017 02:16
Last Modified: 19 Oct 2017 02:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3260

Actions (login required)

View Item View Item