EFEKTIVITAS METODE INQUIRY DALAM BELAJAR BOLABASKET PADA SISWA SMK NEGERI 3 PINRANG

Pratama, Andi Agung Budi (2016) EFEKTIVITAS METODE INQUIRY DALAM BELAJAR BOLABASKET PADA SISWA SMK NEGERI 3 PINRANG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
(3) ANDI AGUNG BUDI PRATAMA.docx

Download (48kB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine the effectiveness of the inquiry method of learning basketball to students of SMK Negeri 3 Pinrang. This study design using path analysis with statistical processing using SPSS version 23 and the significant level 0,05.Populasi is Overall Students of SMK Negeri 3 Pinrang with sampling, namely: ordinal pairing.The results of the study according to the results of t test engineering capability data capture one foot student of SMK State 3 Pinrang obtained by value t count 14.904> ttabel 2,086 (sig. 0.000 <α 0.05), meaning no significant effect after a given method of inquiry. to prove the improvement of playing skills basketdibuktikan with an average value of 50.450: 66.900 with these results indicate an increase in the average value of 16.45 or in other words the test results obtained by t t-countis greater than the significance level α ttable 0.05.The research result that is obtained by value t count 7.644> 2.086 ttabel (sig. 0.000 <α 0.05), meaning no significant effect after given the control method. To prove the improvement of playing skills basketdibuktikan with an average value of 50.450: 56,300 with these results indicate an increase in the average value of 5.85 or in other words the test results obtained by t t-count larger than t-table at significant level α of 0.05.The results of the test by unpaired t test between the inquiry and the control group obtained t amounted to 2,455 and ttabel 2,086 with significant value of 0001, because the significance value smaller than α 0025, the data engineering capabilities catch one foot student of SMK STATE 3 PINRANG Makassar between two group was significantly different, with the average value for the group inquiry 16.45 greater than the average value for the group amounted to 5.85 methods of inquiry and these results show the difference in value by an average of 10,700 after the final test or posttet students. Keywords: Inquiry Learning In Basketball ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Metode inquiry dalam belajar bolabasket pada siswa SMK Negeri 3 Pinrang. Penelitian ini menggunakan desain Analisis jalur dengan pengolahan secara statistik menggunakan aplikasi SPSS versi 23.00 dan taraf signifikan 0,05.Populasi adalah Keseluruhan Siswa SMK Negeri 3 Pinrang dengan pengambilan sampel, yaitu:ordinal pairing.Hasil penelitian sesuai hasil uji t data kemampuan teknik tangkapan satu kaki siswa SMK Negeri 3 Pinrang diperoleh dengan nilai t-hitung 14,904> ttabel 2,086 (nilai sig. 0,000 < α 0,05), berarti ada pengaruh yang signifikan setelah di beri metode inquiry.Untuk membuktikan peningkatan keterampilan bermain basketdibuktikan dengan nilai rata-rata 50,450: 66,900 dengan hasil tersebut menunjukkan peningkatan nilai rata-rata 16,45 atau dengan kata lain hasil uji t diperoleh t-hitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan α 0,05.Hasil penelitian yg diperoleh dengan nilai t-hitung 7,644> ttabel 2,086 (nilai sig. 0,000 < α 0,05), berarti ada pengaruh yang signifikan setelah di beri metode kontrol. Untuk membuktikan peningkatan keterampilan bermain basketdibuktikan dengan nilai rata-rata 50,450 : 56,300 dengan hasil tersebut menunjukkan peningkatan nilai rata-rata 5,85 atau dengan kata lain hasil uji t diperoleh t-hitung lebih besar dari t-tabel pada taraf signifikan α 0,05.Hasil penelitian dari pengujian dengan uji t tidak berpasangan antara kelompok inquiry dan kelompok kontrol diperoleh thitung sebesar 2,455 dan ttabel 2,086 dengan nilai signifikan 0.001, karena nilai signifikansi lebih kecil daripada α 0.025 maka data kemampuan teknik tangkapan satu kaki siswa SMK Negeri 3 Pinrang antara dua kelompok adalah berbeda secara signifikan, dengan nilai rata-rata untuk kelompok inquiry 16,45 lebih besar daripada nilai rata-rata untuk kelompok metode inquiry sebesar 5,85 dengan hasil tersebut menunjukkan perbedaan nilai rata-rata sebesar 10,700 setelah tes akhir atau posttet siswa. Kata Kunci: Inquiry Dalam Belajar Bolabasket

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Oct 2017 02:04
Last Modified: 19 Oct 2017 02:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3257

Actions (login required)

View Item View Item