Model Pembelajaran Problem Based Introduction dan Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi( Studipadasiswakelas X.IPS.2 di SMAN 10 Bulukumba)

HASBAWATI, HASBAWATI (2016) Model Pembelajaran Problem Based Introduction dan Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi( Studipadasiswakelas X.IPS.2 di SMAN 10 Bulukumba). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB V edit.docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakahdenganmodelpembelajaranProblem Based Introduction padamateriperilakumenyimpangdapatmeningkatkanaktivitas, respondanhasilbelajarsiswaterhadappenerapan model pembelajaranProblem Based Introduction. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitianinidilaksanakandengan 2siklus yang masing-masingsiklusterdiriatasperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X.IPS.2 SMA Negeri 10 Bulukumba dengan jumlah siswa 29 orang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan.Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi. Teknik analisis data untuk data aktivitas siswa menggunakan rumus persentasesedangkan data hasil belajar dianalisis dengan statistik deskriptif yang meliputi: rata-rata, rentang/jangkauan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem based Introduction Pada materi perilaku menyimpang dapat meningkatkan aktivitas , respon dan hasil belajar Sosiologi siswa kelas X.IPS.2. SMA Negeri 10Bulukumba Tahun Pelajaran 2015/2016. Aktivitas siswa pada Siklus I yaitu 55,2%. Akan tetapi pada Siklus II jumlah rata-rata aktivitassiswa belajar sosiologi meningkat menjadi 82%.Respon siswa pada siklus I SangatSetuju 17%, setuju 44%, kurangsetuju 27 % dengan kategori respon positif, Pada siklus II rata-rata respon siswa meningkat menjadisetujusebanyak 58% dansangatsetuju 41% yang dikategorikan respon positif yang dapatmendukungkenaikan hasil belajar siswa pada kelas X IPS 2 SMA Negeri 10 Bulukumba pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016 setelah melakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I memperoleh hasil rata-rata 62,33 daya serap 66,33 % dan ketuntasan belajar mencapai 57,1%. Rata-rata hasil belajar pada siklus I itu termasuk kategori baik namun belum memenuhi KKM. Karena hasil penelitian belum memenuhi KKM/indikator keberhasilan yang diinginkan, maka penelitian dilanjutkan kesiklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa yaitu rata-rata 82,18 yang tergolong dalam kategori baik dan sudah memenuhi KKM, dan ketuntasan belajar mencapai 100%.Secaraklasikal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Oct 2017 01:33
Last Modified: 19 Oct 2017 01:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3250

Actions (login required)

View Item View Item