STUDI KELAYAKAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SD NEGERI DI KABUPATEN TORAJA UTARA

PAMASAN, YOHANIS (2016) STUDI KELAYAKAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SD NEGERI DI KABUPATEN TORAJA UTARA. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL YOHAN.docx

Download (86kB)

ABSTRAK Guru adalah yang bertanggung jawab langsung dalam upaya mewujudkan apa yang terulang dalam perencanaan pembelajaran karena guru yang menyusun dan melaksanakan perencanaan pembelajaran tersebut. Dalam meningkatkan mutu pendidikan dibutuhkan guru yang memiliki keterampilan dalam mengajar. Keterampilan yang dimaksud adalah kinerja guru. Kinerja (performance) merupakan pekerjaan, perbuatan sebagai suatu ukuran kesuksesan dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya baik secara kualitas maupun kuantitas sesuai dengan tanggungjawab yang diberikannya untuk dilaksanakan. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimanakah kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Toraja Utara? (ii) Faktor-faktor apa yang mempengaruhi Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Toraja Utara? Tujuan penelitian ini adalah (i) memahami dan menganalisis bagaimana kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Toraja Utara; (ii) memahami dan menganalisis faktor-faktor apa yang mempengaruhi kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD Negeri yang terdapat di Kabupaten Toraja Utara memiliki keterampilan mengajar yang masih kurang dan perlu untuk ditingkatkan. Sesuai dengan hasil yang telah dikumpulkan oleh peneliti yang dilaksanakan di Kabupaten Toraja Utara ini, dari sepuluh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan masih ada empat guru yang dapat dinilai belum mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik dilihat dari kinerja guru tersebut. Diantara keempat guru tersebut antara lain adalah (1) guru PJOK SD Negeri 4 Sanggalangi, (2) guru SD Negeri 6 Tikala, (3) guru PJOK SD Negeri 3 Sanggalangi dan (4) SD Negeri 6 Denpina. Jadi keterampilan mengajar guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD Negeri di Kabupaten Toraja Utara ini dari 10 guru yang diambil sebagai sampel baru 6 guru PJOK yang di nilai bisa melaksanakan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran ( 6: 4) atau 60% : 40%; . Faktor-faktor yang mempengaruhi meningkat tidaknya kinerja sebagai salah satu pendukung keterampilan mengajar guru PJOK SD Negeri di Kabupaten Toraja Utara adalah faktor internal yaitu : (1) kepribadian, (2) faktor umur, (3) rendahnya tentang pemahaman strategi pembelajaran oleh guru, (4) keterampilan mengajar, dan faktor eksternal adalah (1) besarnya gaji,dan (2) sarana dan prasarana. Kata Kunci: keteramilan mengajar guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Oct 2017 01:24
Last Modified: 19 Oct 2017 01:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3248

Actions (login required)

View Item View Item