MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA EKSPRESIF TUNARUNGUDENGAN MENERAPKAN METODE VAT DI KABUPATEN GOWA

Cahaya, Cahaya (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA EKSPRESIF TUNARUNGUDENGAN MENERAPKAN METODE VAT DI KABUPATEN GOWA. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL TESIS CAHAYA 2016 (2).docx

Download (73kB)

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran penerapan metode visual audio taktil (VAT) dalam meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif siswa tunarungudi SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa, (2) Mengetahui kemampuan berbahasa ekspresif sebelum dan setelah penerapan metode visual audio taktil (VAT) siswa tunarungu kelas VIII di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa,. Jenis penelitian ini adalah eksperimen subyek tungal(Single Subjet Research). Desain penelitian ini adalah jenis A-B-A.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode visual audio taktil (VAT), yaitu metode bina bicara dengan memfungsikan seluruh indera baik, penglihatan, pendengaran, perabaan dan rasa. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII tunarungu berjumlah satu orang lak-laki. Pengumpulan data diperoleh melalui tes perbuatan dengan tehnik analisis deskriktif. Untuk mengetahui peningkatan hasil penerapan metode VAT dibuatkan grafik. Hasil penelitian pada fase baseline 1(A-1) sebelum penerapan metode visual audio taktil (VAT) menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif tunarungu kurang, dan setelah penerapan metode visual audio taktil (VAT) atau fase baseline 2(A-2) kemampuan berbahasa ekspresif siswa tunarungu meningkat. Hasil yang diperoleh sebelum dan setelah penerapan metode VAT menunjukkan adanya perubahan sehingga metode VAT dapat diyakinkan bahwa metode tersebut dapat meningkatkan kemampuan berbahasa ekpresif anak tunarungu di SLB Negeri Somba OPU Kabupaten Gowa

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Oct 2017 01:18
Last Modified: 19 Oct 2017 01:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3247

Actions (login required)

View Item View Item