Manfaat Knowledge Management Bagi Peternak Unggas Sebagai Pelaku Bisnis Berbasis Teknologi

Kurniawan, Agung Widhi (2018) Manfaat Knowledge Management Bagi Peternak Unggas Sebagai Pelaku Bisnis Berbasis Teknologi. In: Seminar Nasional Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis VIII.

[img] Text (Peer Review)
8. Peer Review Prosiding Nasional Manfaat Knowledge management bagi peternak unggas sebagai pelaku bisnis.pdf - Other

Download (1MB)
[img] Text (Article)
8. Prosiding Manfaat Knowledge Management Bagi Peternak Unggas Sebagai Pelaku Bisnis Berbasis Teknologi.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Turnitin)
8. AGUNG W KURNIAWAN - Manfaat Knowledge.pdf - Other

Download (5MB)
Official URL: https://www.researchgate.net/publication/325107930...

Abstract

Knowledge management sangat penting bagi sustainability suatu bisnis. Knowledge management bermanfaat mengembangkan gagasan, inovasi, kreativitas, pemikiran, kompetensi dan keahlian pelaku bisnis. Pelaku bisnis dengan kemampuan knowledge management yang baik, cenderung dapat mengambil keputusan secara tepat dengan dilandasi oleh pemikiran dan pertimbangan strategis serta ditinjau dari beragam aspek bisnis. Selain itu, pelaku bisnis cenderung mampu menangkap peluang bisnis. Pertumbuhan industri rumah makan dan perhotelan memberikan peluang bagi usaha peternakan unggas ayam dan itik dalam menyediakan kebutuhan daging dan telur. Laju pertambahan penduduk juga mendorong kebutuhan masyarakat terhadap sumber protein tersebut mengalami peningkatan. Hal tersebut memotivasi peternak unggas sebagai pelaku bisnis untuk meningkatkan produktivitasnya dalam menghasilkan daging dan telur ayam dan itik. Pengembangbiakan unggas yang dilakukan di Desa Lengkese Kecamatan Magarabombang Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan masih menggunakan cara konvensional, dimana proses produksi anakan masih terbatas menyesuaikan jumlah induk. Tujuan studi ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis manfaat knowledge management bagi peternak unggas sebagai upaya meningkatkan produktivitas usaha peternakan dengan menggunakan teknologi tepat guna, yaitu mesin penetasan telur otomatis. Analisis menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara terstruktur dengan para informan, yaitu peternak unggas sebagai pelaku bisnis berjumlah enam orang. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan knowledge management para peternak melalui sharing pengetahuan dan mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan. Knowledge management bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas. Para peternak tidak lagi menggunakan metode konvensial, akan tetapi telah menggunakan mesin penetasan telur otomatis. Selain itu, peningkatan knowledge management mampu mempeluas wawasan berwirausaha dan memotivasi para peternak untuk mempertahankan keberlanjutan bisnisnya. Kata Kunci: knowledge management, peternak unggas.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Dr. M. Ikhwan Maulana Haeruddin
Date Deposited: 30 Jun 2023 04:13
Last Modified: 30 Jun 2023 04:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32460

Actions (login required)

View Item View Item