ANALISIS HASIL EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA

Saludung, Jokebet (2014) ANALISIS HASIL EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA. P ROSIDING Seminar Nasional dan Temu Alumni―Peran Pendidikan dalam Pembangunan Karakter Bangsa. pp. 82-95. ISSN ISBN: 9 7 8 - 6 0 2 - 9 6 1 7 2 - 6 - 9

[img]
Preview
Text
3.Prosiding SEMNAS & Temu Alumni 2014-Jogyakarta.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

A bstrak Analisis dilakukan terhadap dua hasil penelitian yaitu: 1). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Bangsa di Sekolah Dasar Gugus II Wilay ah I Kecamatan Panakukang Makassar (7 SD), dan 2).Evaluasi Program Pendidikan Karakter Bangsa di SMP Kristen I Tagari Rantepao. Penelilitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pendidikan karakter bangsa di SD di kota Makassar dan di SMP yang ada di Kabupaten dan pedesaan. Fokus evaluasi pada pendidikan karakter adalan religius, kejujuran, toleransi, cinta damai, kedisiplinan dan kerja keras. Penelitian bukan bermaksud menbandingkan tetapi menganalisis masing - masing hasil evaluasi tersebut. Hasil pene litian yang dianalisis merupakan hasil penelitian evaluatif yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan model evaluasi CIPP ( Context, Input, Process, Product ). Populasi penelitian I di SD adalah 7 Sekolah Dasar Gugus II Wilayah I Kecamata n Panakukang Makassar, dan populasi peneltian ke II adalah SMP Kristen I Tagari - Rantepao. Subyek penelitian adalah siswa, guru, kepala sekolah, dan pengawas. Instrumen yang digunakan adalah angket, wawancara, dan observasi, dianalisis dengan teknik anali sis kualitatif dan kuantitatif (deskriptif). Teknik analisis yang digunakan terhadap kedua hasil evaluasi program pendidikan karakter bangsa, baik di SD maupun di SMPadalah analisis konten. Hasil evaluasi kedua penelitian tersebut disimpulkan bahwa hasil evaluasi komponen context, input, process, semuanya baik, tetapi hasil evaluasi terhadap komponen product tergolong kategori cukup. Hasil analisis terhadap hasil evaluasi masih berbanding terbalik dengan kemerosotan moral dalam perilaku kekerasan, tawuran, ketidak pedulian sosial, narkoba, dan perilaku lainnya di masyarakat sebagai agenda pendidikan karakter bangsa yang harus mendapat perhatian serius. Kata Kunci: Analisis,Hasil Evaluasi Program,Pendidikan Karakter Bangsa

Item Type: Article
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Prof.Dr. Jokebet Saludung
Date Deposited: 18 Oct 2017 16:22
Last Modified: 18 Oct 2017 16:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3236

Actions (login required)

View Item View Item