Persepsi Mahasiswa Tehadap Penerapan Pembelajaran Struktur Beton

Andi Ardian, Pratama and Andi, Abidah and Irma Aswani, Ahmad and Muh. Ichsan, Ali (2022) Persepsi Mahasiswa Tehadap Penerapan Pembelajaran Struktur Beton. Persepsi Mahasiswa Tehadap Penerapan Pembelajaran Struktur Beton, 1 (3). pp. 97-101. ISSN 2747-2671

[img] Text (Persepsi Mahasiswa Tehadap Penerapan Pembelajaran Struktur Beton)
13. Persepsi Mahasiswa Terhadap Penerapan Pembelajaran Struktur Beton.pdf - Published Version

Download (869kB)
[img] Text (Turniting - Persepsi Mahasiswa Tehadap Penerapan Pembelajaran Struktur Beton)
Turniting.pdf - Supplemental Material

Download (896kB)
[img] Text (Peer Review - Persepsi Mahasiswa Tehadap Penerapan Pembelajaran Struktur Beton)
peer review.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)

Abstract

Persepsi adalah proses pengamatan yang sifatnya kompleks dalam menerima dan menginterpretasikan informasi-informasi yang berada di lingkungan dengan menggunakan panca indera. Persepsi lebih kompleks jika dibandingkan dengan proses penginderaan. Proses penginderaan hanya merupakan langkah awal proses persepsi, penginderaan memberikan gambaran nyata mengenai suatu objek, sedangkan persepsi mampu memahami lebih dari gambaran nyata objek tersebut. Jadi, apabila seseorang memiliki persepsi tentang suatu objek dengan menggunakan panca indera berarti ia mengetahui, memahami dan menyadari tentang objek tersebut. Dalam proses persepsi individu akan mengadakan penyeleksian apakah stimulus itu berguna atau tidak baginya, serta menentukan apa yang terbaik untuk dilakukan (tingkah laku). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimanakah persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran mata kuliah Struktur Beton Dasar yang difokuskan pada persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah Struktur Beton Dasar, perilaku dan sikap mahasiswa selama proses pembelajaran mata kuliah Struktur Beton Dasar. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau angket. Hasil penelitian Persepsi Mahasiswa Terhadap Penerapan Pembelajaran Mata Kuliah Struktur Beton Dasar Jurusan PTSP FT UNM secara keseluruhan persepsi mahasiswa termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 44% yaitu dimana dalam indikator yang dinilai sebagian besar mahasiswa masih termasuk dalam kategori sedang dari standar penilaian yang diberikan. Berdasarkan deskripsi hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu adanya hubungan yang erat diantara indikator yang diteliti yaitu indikator pengetahuan dasar, pemahaman, penilaian dan perilaku, dengan titik permasalahan berada pada indikator pengetahuan dasar dan pemahaman. Kata Kunci: Persepsi, Perilaku, Sikap Mahasiswa, Pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Lumu Taris Taris
Date Deposited: 28 Jun 2023 13:30
Last Modified: 28 Jun 2023 13:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32304

Actions (login required)

View Item View Item