Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Google Classroom Pada Mata Kuliah Rekayasa Sistem Audio

Supriadi, Supriadi and Mustapa, Mahmud (2019) Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Google Classroom Pada Mata Kuliah Rekayasa Sistem Audio. In: Prosiding Seminar Nasional Lemlit UNM, SEMNAS 2019 : Prosiding Edisi 9.

[img] Text (Artikel_2019_Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Google Classroom Pada Mata Kuliah Rekayasa Sistem Audio)
Supriadi_2019_Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Google Classroom Pada Mata Kuliah Rekayasa Sistem Audio.pdf

Download (766kB)
[img] Text (Peer Review_2019_Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Google Classroom Pada Mata Kuliah Rekayasa Sistem Audio)
Prosiding Nasional-Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Google Classroom pada Mata Kuliah Rekayasa Sistem Audio.pdf

Download (924kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/11...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan model Blended Learning berbasis google classroom pada mata kuliah Rekayasa Sistem Audio di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan Research and Depelopment (R&D). Menurut Punaji Setyosari (2010:230), menyatakan bahwa penelitian pengembangan adalah suatu proses yang dipakai untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan. Pengembangan model blended learning berbasis google classroom mengikuti tahap pengembangan model perancangan pendidikan dari Plomp. Plomp menunjukkan bahwa suatu model dalam merancangan pendidikan (termasuk pembelajaran) yang terdiri atas 5 (lima) tahap, yaitu tahap investigasi awal, tahap desain/perancangan, tahap realisasi/konstruksi, tahap tes, evaluasi dan revisi & tahap implementasi. Berdasarkan langkah tersebut, kemudian dipadukan dengan unsur-unsur pengembangan model pembelajaran yang dikemukakan oleh Joyce & Weil, model pengembangan material (produk) pembelajaran oleh Nieveen, dan model pengembangan sistem instruksional pembelajaran oleh Dick & Carey. Kelayakan model blended learning berbasis google classroom pada mata kuliah Rekayasa Sistem Audio yang telah dikembangkan dinyatakan “Sangat Layak” berdasarkan hasil validasi model yang dilakukan oleh ahli dengan mencakup aspek isi model, petunjuk model dan bahasa di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Elektronika
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr. Hendra Jaya
Date Deposited: 28 Jun 2023 09:20
Last Modified: 29 Jun 2023 04:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32287

Actions (login required)

View Item View Item