PERANCANGAN APLIKASI LOTES-AR (LOGIC GATES AUGMENTED REALITY) BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENGENALAN GERBANG LOGIKA

Mustapa, Mahmud and Rahmah, Ummiati and Anggraini, Rahayu (2021) PERANCANGAN APLIKASI LOTES-AR (LOGIC GATES AUGMENTED REALITY) BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENGENALAN GERBANG LOGIKA. Jurnal Elektronika Telekomunikasi & Computer, 16 (2). ISSN 1829-7021

[img] Text (Artikel_2021_JETC_PERANCANGAN APLIKASI LOTES-AR (LOGIC GATES AUGMENTED REALITY) BERBASIS)
Mustapa_2021_MEKOM_PERANCANGAN APLIKASI LOTES-AR (LOGIC GATES AUGMENTED REALITY) BERBASIS.pdf

Download (790kB)
[img] Text (Peer Review_2021_JETC_PERANCANGAN APLIKASI LOTES-AR (LOGIC GATES AUGMENTED REALITY) BERBASIS)
Jurnal Nasional-Perancangan Aplikasi Lotes-Ar (Logic Gates Augmented Reality) berbasis Augmented Rea.pdf

Download (928kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/JETC/article/view/29883

Abstract

Tujuan penelitian yakni (1) untuk menghasilkan desain aplikasi LOTES-AR (Logic Gates Augmented Reality) berbasis teknologi Augmented Reality (2) untuk menghasilkan rancangan aplikasi LOTES-AR (Logic Gates Augmented Reality) berbasis teknologi Augmented Reality sebagai media pengenalan gerbang logika (3) untuk mengetahui hasil uji kelayakan aplikasi LOTES-AR (Logic Gates Augmented Reality) berbasis teknologi Augmented Reality sebagai media pengenalan gerbang logika. Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan (Research and Development atau R&D) yang bertujuan meningkatkan dan memberikan sebuah produk. Pengembangan ini menggunakan prosedur yang mengarah pada Model Pengembangan Waterfall. Subjek untuk penelitian ini adalah aplikasi pembelajaran pengenalan gerbang logika menggunakan teknologi Augmented Reality. Komposisi Penelitian memakai lembar penilaian untuk Ahli Media, Uji Marker dan Mahasiswa. Adapun hasil penelitian dalam pengembangan modul pembelajaran yaitu untuk ahli media 1 dan 2 didapatkan rata-rata 100% sangat layak. Untuk uji marker terdeteksi pada jarak 0-50, tidak terdeteksi pada jarak 70, dan terdeteksi hanya pada kemiringan 45-90, untuk respon mahasiswa diperoleh 87,55% Sangat Layak. Hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan uji coba produk kepada ahli media, uji marker, serta respon mahasiswa maka Aplikasi LOTES-AR (Logic Gates Augmented Reality) berbasis Augmented Reality sebagai pengenalan gerbang logika sangat layak dipakai dalam pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Elektronika
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr. Hendra Jaya
Date Deposited: 28 Jun 2023 07:47
Last Modified: 29 Jun 2023 04:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32253

Actions (login required)

View Item View Item