PENGEMBANGAN LKPD PEMBELAJARAN FISIKA BERORENTASI PENGUATAN KARAKTER KERJASAMA PESERTA DIDIK DI SMAN 1 TANETE RILAU

Rusli, Muhammad Risal and Martawijaya, M. A. and Arsyad, Muhammad PENGEMBANGAN LKPD PEMBELAJARAN FISIKA BERORENTASI PENGUATAN KARAKTER KERJASAMA PESERTA DIDIK DI SMAN 1 TANETE RILAU. In: Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 2018, Makassar.

[img] Text
8691-20296-1-PB.pdf

Download (231kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnasfisika/article/view/86...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh prototipe LKPD pembelajaran fisika berorentasi penguatan karakter kerjasama peserta didik di SMAN 1 Tanete Rilau. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan memodifikasi metode penelitian dan pengembangan Sugiyono. Dengan tahapan pengembangan terdiri dari Potensi dan masalah, Pengumpulan informasi dan studi literature, Prototipe I, Focus group discussion, Konsultasi pakar, Ujicoba terbatas I, Konsultasi pakar dan praktisi, Uji coba terbatas prototipe IV. Dari penelitian ini dihasilkan: (1) Prototype I yang terdiri dari narasi dan pertanyaan pendahuluan tentang pentingnya kerjasama, kegiatan inti yaitu peserta didik diberikan pertanyaan/soal dan setiap anggota kelompok memberikan jawabannya kemudian didiskusikan hingga diperoleh jawaban Bersama, dan refleksi terhadap kinerja kelompok, (2) Prototype II adalah revisi dari prototipe I dengan penambahan kegiatan Inti (Bagian III) persentasi oleh satu orang perwakilan kelompok dan anggota kelompok lain membantu menjawab pertanyaan kelompok lain, dan refleksi terhadap kinerja kelompok, (3)Prototipe III adalah revisi dari prototipe II dengan menghilangkan bagian narasi dan refleksi. Dari hasil uji coba terhadap prototipe III diperoleh hasil observasi keterlaksanaan 2,64 (terlaksana seluruhnya) (4) Prototype IV adalah revisi dari prototipe III

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 28 Jun 2023 11:55
Last Modified: 28 Jun 2023 11:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32233

Actions (login required)

View Item View Item