Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning (PBL) dan Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV Ditinjau dari Motivasi Siswa SD NegeriPampang Kecamatan Panakukang Kota Makassa

Sarbani, Andi Adriani (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning (PBL) dan Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV Ditinjau dari Motivasi Siswa SD NegeriPampang Kecamatan Panakukang Kota Makassa. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (75kB)

Abstract

ABSTRAK PenelitianinibertujuanUntukmelihat(i) Perbedaan hasilbelajar IPSyang menggunakan model pembelajaranProblem Based Learning (PBL) dan pembelajaran ekspositoriterhadaphasilbelajar IPS siswakelas IV SD Negeri Pampang Kecamatan Panakukang Kota Makassar. (ii) Perbedaan hasil belajar IPS antara siswa motivasi tinggi dan motivasi rendah.(iii) Interaksi antara hasil belajar siswa dengan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPSterhadaphasilbelajar IPS. (iv) Perbedaan hasil belajar IPS pada siswa motivasi tinggi di kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)dengan yang diberikan model pembelajaranekspositoriterhadaphasilbelajar IPS siswa. (v) Perbedaan hasil belajar IPS kelompok yang menggunakanmodel pembelajaran Problem Based Learning (PBL)dankelompok yang menggunakanmetodeekspositoripadasiswamotivasirendahterhadaphasilbelajar IPS siswa. (vi) Terdapatperbedaanhasilbelajar IPS siswamotivasitinggidansiswamotivasirendahpadakelas yang menggunakan model pembelajaran PBL terhadaphasilbelajar IPS siswa. (vii) Perbedaanhasilbelajar IPS siswamotivasitinggidansiswamotivasirendahpadakelas yang menggunakanmetodeekspositoriterhadaphasilbelajar IPS siswa. Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifdengandesainpenelitianfaktorial 2X2.Teknikpengumpulan data melaluipengumpulanangketdanteshasilbelajar IPS siswa.Populasidalampenelitianiniadalahkelas IV tahunajaran 2015/2016 sebanyak 63 orang danteknikpenarikansampelmenggunakan purposive sampling danteknik MOP denganjumlahsampel 24 orang. Teknikanalisishasilanalisisdata menggunakananalisisdeskriptifdaninfrensial. Hasilanalisis data menunjukkanbahwa (i) Hasilbelajar IPS yang menggunakan model pembelajarankooperatitipeProblem Based Learning(PBL) lebihtinggidaripadametodeekspositori.(ii) Hasilbelajar IPS padasiswamotivasitinggilebihtinggidaripadasiswamotivasirendah. (iii) Terdapatpengaruhinteraksiantar model pembelajarandenganmotivasibelajarterhadappeningkatanhasilbelajar IPS.(iv) Hasilbelajar IPS kelompok yang menggunakanmodel pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL)lebihtinggidaripadakelompoksiswa yang menggunakanmetodeekspositoripadasiswamotivasitinggi. (v) Hasilbelajar IPS kelompok yang menggunakanmodel pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL)lebihredahdaripadakelompoksiswa yang menggunakanmetodeekspositoripadasiswamotivasirendah.(vi) Hasilbelajar IPS siswamotivasitinggilebihtinggidaripadasiswa yang memilikimotivasirendahpadakelas yang menggunakanmodel pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL). (vii) HasilbelajarIPS siswamotivasitinggilebihrendahdaripadasiswa yang memilikimotivasirendahpadakelas yang menggunakanmetodeekspositori.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Oct 2017 07:24
Last Modified: 17 Oct 2017 07:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3222

Actions (login required)

View Item View Item