PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA PESERTA DIDIK KELAS VII1 SMP NEGERI 3 PAREPARE

LAHEIDIR, LAHEIDIR (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA PESERTA DIDIK KELAS VII1 SMP NEGERI 3 PAREPARE. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Lahaidir.docx

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, akivitas pembelajaran, dan peningkatan kemampuan menulis menulis teks eksposisi melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada peserta didik kelas VII1 SMP Negeri 3 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Fokus penelitian adalah aktivitas guru dan peserta didik serta hasil keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Teknik pengumpulan data melalui observasi terhadap aktivitas guru dan peserta didik serta melalui tes menulis. Data penelitian berupa data proses dan data hasil. Data proses dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data keterampilan teks eksposisi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan aktivitas guru dan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan model kooperatif jigsaw. Hal tersebut dapat dilihat pada analisis hasil observasi peneliti pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kategori cukup dengan persentase 45%, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 45%. Aktivitas peserta didik pada siklus I yang aktif dengan persentase 50% dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu sebesar 98% dan (2) terjadi peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi peserta didik kelas VII1 SMP Negeri 3 Parepare dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hal tersebut tampak dari hasil keterampilan menulis teks eksposisi setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I yang masuk kategori tuntas atau mencapai KKM 2,67 yaitu 4 peserta didik dengan persentase 12,50%. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu semua peserta didik dalam kategori tuntas atau persentase 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi peserta didik kelas VII1 SMP Negeri 3 Parepare. Kata kunci: model pembelajaran, tipe jigsaw, keterampilan menulis, teks eksposisi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Oct 2017 07:14
Last Modified: 17 Oct 2017 07:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3221

Actions (login required)

View Item View Item