Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Pembelahan Sel Kelas XII SMA

Lodang, Hamka and Baharuddin, Rahmat and Kurnia, Nani and Sitti, Saenab (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Pembelahan Sel Kelas XII SMA. Jurnal Nalar Pendidikan, 10 (1). pp. 41-49. ISSN 2477-0515

[img] Text (Artikel)
32794-86592-2-PB.pdf

Download (456kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/41-49/165...

Abstract

Penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa handout dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik materi pembelahan sel kelas XII SMA yang valid dan praktis, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Lokasi penelitian yaitu di SMAN 1 Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Subjek penelitian adalah guru Biologi dan peserta didik kelas XII SMA 1 Wonomulyo. Penilaian kevalidan handout dan LKPD dilakukan oleh dua validator ahli menggunakan lembar validasi. Kepraktisan handout dan LKPD dinilai berdasarkan respon dua orang guru dan 31 orang peserta didik dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata skor total kevalidan handout dan LKPD masing- masing adalah 3,50 dan 3,53 dengan kategori sangat valid. Nilai kepraktisan handout berdasarkan respon guru dan peserta didik masing-masing 95,00% dan 91,45% dengan kategori sangat praktis. Nilai kepraktisan LKPD berdasarkan respon guru dan peserta didik masing-masing 93,75% dan 91,13% dengan kategori sangat praktis. Disimpulkan bahwa handout dan LKPD berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 28 Jun 2023 05:06
Last Modified: 28 Jun 2023 05:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32203

Actions (login required)

View Item View Item