Palennari, Muhiddin and Lodang, Hamka and Faisal, Faisal (2015) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Perkuliahan Berorientasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Bionature, 16 (2). pp. 69-76. ISSN 2654-5160
Text (Artikel)
2459-5853-1-PB.pdf Download (202kB) |
Abstract
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Perkuliahan Berorientasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat perkuliahan berupa Rencana Pelaksanaan Perkuliahan berorientasi (RPP-PBL) memberdayakan keterampilan berpikir kritis mahasiswa FMIPA UNM. Adapun target yang diharapkan adalah membiasakan mahasiswa memiliki keterampilan keterampilan berpikir kritis baik selama menempuh kuliah pada saat pelaksaaan pekuliahan.. Prosedur yang digunakan pada penelitian ini mengikuti tahapan model desain pembelajaran (instructional design) 4 D Thiagarajan. Instrument pengumpulan data terdiri dari lembar validasi perangkat perkuliahan RPP-PBL. Sistematika RPP-PBL yang dikembangkan terdiri atas komponen Identitas, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Materi Perkuliahan, Strategi Perkuliahan, Langkah-langkah Perkuliahan, Sumber Belajar dan Media, Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh komponen dalam RPP-PBL memiliki nilai rata-rata ≥ 3 dengan revisi pada bagian-bagian tertetntu. Dengan demikian, disimpulkan bahwa RPP-PBL yang dikembangkan termasuk kategori baik sehingga layak dgunakan sebagai pedoman dalam perkuliahan Biologi Dasar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FMIPA |
Depositing User: | Dr Muhiddin Palennari |
Date Deposited: | 28 Jun 2023 04:38 |
Last Modified: | 28 Jun 2023 04:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32198 |
Actions (login required)
View Item |