Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Langsung Pada Materi Sistem Gerak di SMA Negeri Donri-donri

Lodang, Hamka and Arsyad, Muhammad Nur (2015) Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Langsung Pada Materi Sistem Gerak di SMA Negeri Donri-donri. Jurnal Bionature, 16 (1). pp. 58-64. ISSN 2654-5160

[img] Text (Artikel)
1571-3545-1-PB.pdf

Download (351kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/bionature/article/view/1571/...

Abstract

Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Langsung pada Materi Sistem Gerak di SMA Negeri 1 Donri–Donri. Penelitian pra-eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran langsung yang digunakan pada materi sistem gerak di SMA Negeri 1 Donri-Donri. Hipotesis penelitian ini adalah model pembelajaran langsung efektif diterapkan pada materi sistem gerak di SMA Negeri 1 Donri-Donri. Pengukuran hasil belajar pada materi sistem gerak dilakukan terhadap 24 siswa kelas XI MIA 4, kemudian membandingkan nilai pretes siswa dengan nilai post tes di akhir pertemuan. Nilai hasil belajar siswa diperoleh rata-rata pretes 33.68 (berada pada kategori hasil belajar sangat rendah) dan rata-rata nilai posttes 71.81 (berada pada kategori hasil belajar tinggi). Mengukur keefektifan penerapan model pembelajaran langsung dengan analisis statistik inferensial menggunakan SPSS 16 dan diperoleh hasil 0.000 < α = 0.05 yang menunjukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga menunjukkan bahwa hipotesis diterima, sedangkan untuk mengukur tingkat keefektifannya, digunakan uji Gain, yang menyatakan bahwa tingkat keefektifan dari penerapan model pembelajaran langsung adalah sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung efektif diterapkan pada materi sistem gerak di SMA Negeri 1 Donri-Donri.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 28 Jun 2023 04:34
Last Modified: 28 Jun 2023 04:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32196

Actions (login required)

View Item View Item