Lodang, Hamka and Syamsiah, Syamsiah and Paramma, Ishak A. (2013) Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Siswa Yang Dibelajarkan dengan Menggunakan Media Camtasia Studio dan Media Powerpoint Pada Kelas VII SMP Negeri 1 Sungguminasa. Jurnal Bionature, 15 (1). pp. 61-66. ISSN 2654-5160
Text (Artikel)
1550-3482-1-PB.pdf Download (100kB) |
Abstract
Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Siswa yang Dibel ajarkan dengan Menggunakan Media Camtasia Studio dan Media Powerpoint pada Kelas VII SMP Negeri 1 Sungguminasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi materi Ekosistem antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media Camtasia Studio dengan media Powerpoint pada kelas VII SMP Negeri 1 Sungguminasa, Kabupaten Gowa. Subjek peneli- tian adalah seluruh siswa kelas VII B dan VII C SMP Negeri 1 Sungguminasa pada tahun pelaja- ran 2012/2013 dengan jumlah siswa 35 orang tiap kelas. Pengukuran hasil belajar dilakukan den- gan memberikan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan essay, meliputi pretest dan post- test. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif dan uji hipotesis secara inferensial dengan menggunakan uji Anakova dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil uji statistik menun- jukkan nilai signifikansi 0,02 lebih kecil dari α = 0,05 (0,02 < 0,05), berarti setidaknya ada satu dari enam pasang data hasil belajar yang diuji yang berbeda secara nyata. Hasil uji lanjut menun- jukkan nilai pretest kedua kelompok tidak berbeda secara nyata, sedangkan nilai posttest- nya berbeda secara nyata, di mana nilai signifikansi yaitu 0,040 lebih kecil dari α = 0,05 (0,040 < 0,05), sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar Biologi materi Ekosistem antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media Camtasia Studio dengan menggunakan me- dia Powerpoint pada kelas VII SMP Negeri 1 Sungguminasa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FMIPA |
Depositing User: | Dr Muhiddin Palennari |
Date Deposited: | 28 Jun 2023 03:36 |
Last Modified: | 28 Jun 2023 03:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32194 |
Actions (login required)
View Item |