Analisis Kompetensi Profesional Guru Biologi Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Makassar

Lodang, Hamka and Azis, Andi Asmawati and Palennari, Muhiddin and Ardiansyah, Rachmayani (2013) Analisis Kompetensi Profesional Guru Biologi Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Makassar. Jurnal Bionature, 14 (1). pp. 25-32. ISSN 2654-5160

[img] Text (Artikel)
1444-3222-1-PB.pdf

Download (119kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/bionature/article/view/1444/...

Abstract

Analisis Kompetensi Profesional Guru Biologi Sekolah Menengah Atas negeri di Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru biologi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di kota Makassar dalam aspek penguasaan bahan pengajaran, penyusunan program pengajaran, pelaksanaan program pengajaran, dan menilai hasil dan proses belajar –mengajar yang telah dilaksanakan. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru biologi SMA Negeri di kota Makassar yang berjumlah 95 orang. Sampel penelitian dipilih secara acak sebanyak 16 orang guru yang berasal dari delapan sekolah yang ditentukan secara purposive sampling berdasarkan akreditasi sekolah. Data dikumpulkan dengan cara pemberian uji kompetensi penguasaan bahan pengajaran, pengkajian dokumen RPP, pengamatan dan penilaian pelaksanaan pengajaran, dan kuesioner menilai hasil dan proses belajar- mengajar yang telah dilaksanakan; selanjtnya dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan aspek penguasaan bahan pengajaran dengan nilai rata-rata 71,75, penyusunan program pengajaran dengan nilai rata-rata 95,40, pelaksanaan program pengajaran dengan nilai rata-rata 91.30, dan menilai hasil dan proses belajar-mengajar yang telah dilaksanakan dengan nilai rata-rata 63,10. Secara keseluruhan nilai rata-rata kompetensi profesional guru biologi di Kota Makassar adalah 80,34 dengan kategori sangat tinggi.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 28 Jun 2023 03:31
Last Modified: 28 Jun 2023 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32193

Actions (login required)

View Item View Item