Analisis Kesesuaian Antara Instrumen Evaluasi Formatif dengan Tujuan Kognitif Pembelajaran Biologi di SMP Watansoppeng

Lodang, Hamka and Bara, Nur Afni Surya (2012) Analisis Kesesuaian Antara Instrumen Evaluasi Formatif dengan Tujuan Kognitif Pembelajaran Biologi di SMP Watansoppeng. Jurnal Bionature, 13 (2). pp. 120-126. ISSN 2654-5160

[img] Text (Artikel)
1437-3201-1-PB.pdf

Download (351kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/bionature/article/view/1437/...

Abstract

Analisis Kesesuaian antara Instrumen Evaluasi Formatif dengan Tujuan Kognitif Pembelajaran Biologi di SMP Negeri 1 Watansoppeng. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif yang bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara instrumen evaluasi formatif dengan tujuan kognitif pembelajaran biologi pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMPN 1 Watansoppeng. Objek penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran kelas VII, VIII, IX pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMPN 1 Watansoppeng. Hasil pengumpulan data dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dengan data persentase. Berdasarkan hasil analisis 186 pertanyaan formatif dan 105 tujuan pembelajaran pada level kognitif, 50 (27%) termasuk dalam kategori sesuai, 75 (40%) kurang sesuai, dan 61 (33%) tidak sesuai. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa tingkat kesesuaian antara instrumen evaluasi formatif dengan tujuan kognitif pembelajaran Biologi semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMP Negeri 1 Watansoppeng pada umumnya dikategorikan kurang atau tidak sesuai.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 28 Jun 2023 03:26
Last Modified: 28 Jun 2023 03:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32191

Actions (login required)

View Item View Item