Lodang, Hamka and Bara, Nur Afni Surya (2012) Analisis Kesesuaian Antara Instrumen Evaluasi Formatif dengan Tujuan Kognitif Pembelajaran Biologi di SMP Watansoppeng. Jurnal Bionature, 13 (2). pp. 120-126. ISSN 2654-5160
Text (Artikel)
1437-3201-1-PB.pdf Download (351kB) |
Abstract
Analisis Kesesuaian antara Instrumen Evaluasi Formatif dengan Tujuan Kognitif Pembelajaran Biologi di SMP Negeri 1 Watansoppeng. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif yang bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara instrumen evaluasi formatif dengan tujuan kognitif pembelajaran biologi pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMPN 1 Watansoppeng. Objek penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran kelas VII, VIII, IX pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMPN 1 Watansoppeng. Hasil pengumpulan data dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dengan data persentase. Berdasarkan hasil analisis 186 pertanyaan formatif dan 105 tujuan pembelajaran pada level kognitif, 50 (27%) termasuk dalam kategori sesuai, 75 (40%) kurang sesuai, dan 61 (33%) tidak sesuai. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa tingkat kesesuaian antara instrumen evaluasi formatif dengan tujuan kognitif pembelajaran Biologi semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMP Negeri 1 Watansoppeng pada umumnya dikategorikan kurang atau tidak sesuai.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FMIPA |
Depositing User: | Dr Muhiddin Palennari |
Date Deposited: | 28 Jun 2023 03:26 |
Last Modified: | 28 Jun 2023 03:26 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32191 |
Actions (login required)
View Item |