Pengembangan Model Pembelajaran IPA SD Berbasis Bahan Lingkungan Sekitar Melalui Pendekatan Starter Eksperimen

Muharram, Muharram and Lodang, Hamka and Nurhayati, Nurhayati and Tanrere, Munir (2010) Pengembangan Model Pembelajaran IPA SD Berbasis Bahan Lingkungan Sekitar Melalui Pendekatan Starter Eksperimen. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16 (3). pp. 311-320. ISSN 2528-4339

[img] Text (Artikel)
522-Article Text-1772-1-10-20161223.pdf

Download (355kB)
Official URL: https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpn...

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilakukan melalui empat tahap yang dikenal dengan “Four-D Model” yaitu define, design, develop, and disseminate. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran berbasis bahan-bahan di lingkungan sekitar serta perangkat pembelajaran yang meliputi, Panduan Eksperimen, Lembar Kerja Siswa, dan Alat Evaluasi. Luaran penelitian adalah sintaks model pembelajaran 6 langkah dan perangkat pembelajaran berupa tiga buah buku suplemen IPA SD dengan judul “Terampil Sains” untuk kelas 4, 5, dan 6. Hasil validasi model dan perangkat pembelajaran oleh tim akhli menunjukkan bahwa model dan perangkat pembelajaran termasuk katagori valid dengan persentasi validitas masing-masing: 88,40% dan 84,66%. Hasil ujicoba melalui penelitian pra eksperimen menunjukkan bahwa: 1) model dan perangkat pembelajaran digunakan dengan baik oleh guru dan siswa; 2) penerapan model pembelajaran akan meningkatkan aktivitas, minat dan sikap ilmiah, keterampilan proses sains, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 28 Jun 2023 02:47
Last Modified: 28 Jun 2023 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32181

Actions (login required)

View Item View Item